Waspadai, 7 Kebiasaan yang Menghambat Kebebasan Finansial Anda!

Mencapai kebebasan finansial merupakan idaman bagi setiap orang. Di titik tersebut, kita tak perlu khawatir lagi dengan penghasilan pekerjaan kita. Karena, bukan lagi kita yang bekerja untuk uang, namun uang lah yang bekerja untuk kita. Tentu, setiap orang memimpikan untuk dapat berada di fase ini. Tetapi, tahukah anda, kebebasan finansial tersebut bisa terancam gagal diraih, apabila masih memelihara 7 kebiasaan buruk ini, apa sajakah itu?. Simak selengkapnya disini!

Kebebasan Finansial - Beon.co.id

1. Besar pasak daripada tiang

Peribahasa diatas tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Hal tersebut nampaknya sudah menjadi hukum alam, apabila pengeluaran kita lebih besar daripada penghasilan tentu kita tidak akan pernah meraih kebebasan finansial. Kebebasan finansial sendiri ibarat memiliki sarang telur yang ckup besar untuk mencukupi kebutuhan kita tanpa harus bergantung pada pendapatan suatu pekerjaan. Untuk mencapai titik ini, tentu kita harus menahan sementara keinginan pengeluaran dan memberi perhatian lebih banyak pada tabungan dan investasi.

Kebebasan Finansial - Beon.co.id

2. Memilih jenis tabungan yang salah

Berniat memulai untuk menabung dan berinvestasi adalah langkah awal yang tepat. Namun, sebelum memulainya, kita juga harus menimbang produk tabungan dan investasi yang tepat. Sayangnya, rekening tabungan biasa hanya memiliki keuntungan yang rendah. Untuk itu, tak ada salahnya untuk memilih produk investasi lain seperti, pasar saham, surat berharga, atau deposito.

Kebebasan Finansial - Beon.co.id

3. Terlalu takut untuk menginvestasikan uang anda

Saat pertama kali berniat untuk berinvestasi, seperti kebanyakan orang di luar sana, kita tentu takut untuk kehilangan uang. Untuk itu, bekerja sama dengan seorang financial planner merupakan langkah yang tepat untuk mengeksplorasi pilihan investasi. Mereka mungkin akanmerekomendasikan obligasi, pasar saham, reksadana, dll yang akan menawarkan return yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Tak ketinggalan, kita juga bisa mencoba mempertimbangkan investasi lain seperti real estate.

[Mau Melek Finansial? Baca Buku – Buku Ini Sebelum Umur 30!]

Kebebasan Finansial - Beon.co.id

4. Menunda rencana waktu pensiun

Jika kita ingin bebas dari pekerjaan, pensiun dengan nyaman dan menikmati kebebasan finansial lebih cepat. Tentu, kita harus mulai menabung untuk masa pensiun sesegera mungkin. Oleh karena itu, set rencana pensiun anda secepat mungkindan jangan tergiur untuk mengulur waktunya, dengan begitu akan memotivasi kita untuk menabung dan berinvestasi sesegera mungkin.

Kebebasan Finansial - Beon.co.id

5. Memiliki terlalu banyak hutang

Ingat, semakin banyak hutang yang kita miliki, akan semakin sulit untuk ‘tidak mengandalkan’ pendapatan dari sebuah pekerjaan. Sehingga, tentu ini akan menghambat kebebasan finansial yang kita idamkan. Sah – sah saja apabila kita ingin membeli rumah, mobil atau menggunakan kartu kredit, namun jangan pernah membiayainya lebih dari yang kita mampu. Lakukan yang terbaik untuk melunasi hutang sesegera mungkin.

Kebebasan Finansial - Beon.co.id

6. Hanya memiliki satu sumber income

Tidak dapat dipungkiri, sumber income lain akan memberikan pendapatan ekstra untuk mendekatkan kita pada kebebasan finansial. Hal ini perlu kita lakukan, terutama apabila income yang diperoleh dari pekerjaan tetap kita hanya cukup untuk biaya hidup bulanan. Tak ada salahnya untuk mencoba bisnis sampingan dan pekerjaan part-time, semua sumber income tersebut akan mempercepat kita dalam membangun ‘sarang telur’ kebebasan finansial yang tadi kita bahas.

Kebebasan Finansial - Beon.co.id

7. Negative thinking

Satu catatan terakhir ini terdengar sepele, namun sangat krusial bagi masa depan finansial kita. Kebebasan finansial tidak akan pernah bisa diraih dengan pikiran negatif dan sikap yang mudah menyerah. Setiap pilihan investasi keuangan yang besar membutuhkan waktu dan jangan pernah menharapkan hasil yang besar dengan waktu singkat dan menyerah saat investasi yang kita tanam mengalami penurunan. Hal tersebut merupakan hal yang biasa dalam dunia investasi, yang perlu kita lakukan adalah mengambil pelajaran dan tetap melangkah ke depan menuju kebebasan finansial yang kita idamkan.

VPS Murah Indonesia - beon.co.id

Nah, itu dia beberapa kebiasaan buruk yang dapat menghambat kebebasan finansial kita. Adakah diantara kebiasaan buruk diatas yang masih anda lakukan sekarang?. Yuk, ubah kebiasaan buruk diatas, dan raih kebebasan finansial secepatnya!

Share:

Written by

Love to write about technology & digital things. Enjoy my thoughts through my words. Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *