Mau Bikin Startup? Pastikan Keuangan Anda Aman Dulu dengan Cara Ini!

tips keuangan startup founder

Tips Keuangan Startup Founder - beon.co.id

Apakah anda tertarik untuk terjun ke dunia startup dan ingin menjadi seorang startup founder?. Sebelum membangun kerajaan bisnis, pastikan untuk mengamankan terlebih dulu bagian paling krusial, yaitu keuangan. Terutama kondisi keuangan pribadi. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui tips pengamanan keuangan untuk seorang startup founder sebelum mengarungi perjalanan bisnis di dunia startup. Apa sajakah itu? simak selengkapnya disini!
tips keuangan startup founder

1. Waktu adalah UANG

Tips Keuangan Startup - beon.co.id

Salah satu aset paling berharga yang dimiliki oleh seorang startup founder adalah waktu. Untuk itu, setiap saat yang dihabiskan oleh seorang startup founder untuk melakukan hal – hal yang tidak terkait dengan bisnis, bukan hanya waktu, namun juga sejatinya uang yang terbuang sia – sia.

“A lack of time is a lack of priorities.”

Jika seorang startup founder menyia – nyiakan waktunya untuk melakukan pertemuan yang tidak ada kaitannya dengan bisnis. Maka, itu sama saja dengan menenggelamkan diri sendiri pada situasi keuangan yang sulit.
tips keuangan startup founder

2. Bersiaplah untuk segala kemungkinan terburuk

Tips Keuangan Startup - beon.co.id

Memutuskan untuk banting setir ke dunia entrepreneur, khususnya dengan menjadi startup founder, berarti membutuhkan kesiapan finansial yang matang. Jika kita masih belum siap secara finansial untuk mengambil langkah ke dunia startup, sebaiknya jangan dulu berhenti dari pekerjaan tetap saat ini. Eric Bell, seorang financial expert dari under-30 CEO menyarankan untuk setidaknya memiliki biaya hidup selama 3 bulan didalam rekening tabungan darurat, untuk memulai menjadi seorang entrepreneur. Hal buruk memang bisa saja terjadi di tengah jalan, namun pastikan kita memiliki persediaan uang yang sudah kita sisihkan untuk dapat bertahan selama masa sulit.
tips keuangan startup founder

3. Belajar mengelola cashflow itu penting!

Tips Keuangan Startup - beon.co.id

Cashflow adalah metrik keuangan nomor 1 yang harus dipelajari untuk menjalankan perusahaan. Jika kita tidak mengetahui darimana uang berasal dan kemana arahnya, maka bersiaplah untuk menghadapi resiko. Bagaimanapun, membuat laporan anggaran adalah hal yang sangat penting bagi setiap bentuk perusahaan, apalagi startup.

[Mau Melek Finansial? Baca Buku – Buku Ini Sebelum Umur 30!, Simak selengkapnya DISINI]
tips keuangan startup founder

4. Tetapkan goals dan milestones yang jelas

Tips Keuangan Startup - beon.co.id

Sebagai seorang startup founder di tahap awal, mungkin banyak dari kita yang akan dengan mudah menghabiskan waktu untuk memikirkan konsep dan ide bisnis. Kenyataannya, waktu yang dihabiskan untuk memikirkan ide, alih – alih menguji konsep dengan calon pelanggan adalah waktu yang terbuang sia – sia. Untuk mengurangi resiko ini, maka penting bagi kita untuk menetapkan milestone dan deadline. Lalu, apa perbedaan milestone dan goals?. Milestones adalah seperti tanda pijakan kita dari waktu ke waktu dalam mencapai goals.
tips keuangan startup founder

5. Fokus untuk temukan pelanggan pertama anda

Tips Keuangan Startup - beon.co.id

Ada sebuah istilah yang mengatakan, bahwa kita bukanlah seorang pebisnis apabila tidak memiliki pelanggan. Jadi, daripada menghabiskan banyak waktu dan uang kita untuk menentukan siapa pelanggan kita, lebih baik manfaatkan untuk melakukan market validation. Sederhana saja, cukup datangi beberapa pelanggan potensial dan ajukan pertanyaan sederhana, seperti “Maukah anda membeli produk ini?”. Jika mereka mengatakan “Tidak”, maka inilah kesempatan kita untuk mencari tahu mengapa menolaknya. Jika mereka menyukainya, tanyakan apa yang bisa produk anda berikan lagi pada mereka.
tips keuangan startup founder

6. Bayar diri anda terlebih dahulu

Tips Keuangan Startup - beon.co.id

Sementara banyak startup yang tidak memiliki cukup pendapatan untuk membayar gaji timnya dengan begitu tinggi. Maka, sebagai seorang startup founder, penting bagi kita untuk menemukan beberapa cara untuk membayar diri sendiri. Adanya aset yang mengalirkan passive income, seperti hak cipta buku, rumah dan mobil yang bisa disewakan, dll, bisa jadi beberapa pilihan.
tips keuangan startup founder

7. Hemat fixed expenses startup anda sebisa mungkin

Tips Keuangan Startup - beon.co.id

Pada tahap awal memulai bisnis, penting bagi kita untuk pintar – pintar menjaga fixed expenses serendah mungkin. Untuk itu, menyewa ruko yang luas di tengah kota bukan strategi yang baik di permulaan. Apabila anda membutuhkan tempat kerja atau meeting bersama tim, menyewa coworking space bisa menjadi pilihan untuk startup masa kini. Tak hanya menghemat fixed expenses, di coworking space kita juga bisa bertemu dan berkolaborasi dengan banyak pegiat startup lainnya. Tentu, ini akan membuka banyak kesempatan di masa depan.
tips keuangan startup founder

VPS Murah Indonesia - beon.co.id

Written by

Love to write about technology & digital things. Enjoy my thoughts through my words. Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *