Tips Berjualan di Tokopedia Agar Cepat Laris

background biru

 

Jualan di Tokopedia merupakan salah satu cara paling ampuh supaya produk kita laris terjual. Seperti kita ketahui, Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang menampung berbagai online shop untuk menjual produknya di Tokopedia. Tokopedia sendiri termasuk marketplace yang terbesar dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat di dunia maya, dengan begitu kita akan mudah mendapatkan konsumen atau pelanggan dengan berjualan produk secara online di Tokopedia.

 

Cara Berjualan di Tokopedia

Sebelum kamu memulai, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara berjualan di Tokopedia terlebih dulu. Ada beberapa tahapan jualan di Tokopedia yang harus kamu lakukan seperti berikut ini :

 

Membuka Toko

Tahap pertama adalah dengan membuka toko online terlebih dahulu di Tokopedia. Ketika membuka toko online di marketplace yang satu ini, maka kamu akan secara otomatis terhubung melalui berbagai macam pilihan bank berikut agen logistic di Indonesia. Adapun metode pembayaran secara instan seperti halnya BCA Klikpay, Mandiri e-Cash, Mandiri ClickPay, Indomaret, Kartu Kredit dan Klik BCA dapat digunakan dengan gratis. Selain itu, cara untuk tracking dan menghitung ongkos kirim pesanan pun telah tersedia secara gratis di Tokopedia.
Cara buka toko online di Tokopedia juga sangat mudah, yang pertama adalah login terlebih dulu ke website resmi Tokopedia, kemudian klik menu “Buka Toko” di kiri bagian atas pada halaman “home” selain itu bisa juga melalui klik pada ikon “Toko” dalam header menu, kemudian pilih menu “Buka Toko”. Lalu isi data-data yang tersedia dan diperlukan secara detail dengan benar, misalnya Domain Toko, Informasi Toko, Dukungan Pengiriman, Dukungan Pembayaran, dan Foto Profil Toko. Lalu klik kembali “Buka Toko”.

 

Tambah Produk

Tahap selanjutnya adalah memasukkan berbagai macam produk yang akan dijual melalui menu “Tambah Produk” dalam “Toko Saya”, atau dapat juga melalui klik “Toko” dalam Header Menu, kemudian “tambah produk”. kamu harus mengisi segala informasi lengkap mengenai produk yang lengkap dan juga benar seperti kategori produk, nama produk, berat produk, deskripsi produk, foto profuk, dan harga produk. Kemudian klik “Simpan” bisa juga klik “Simpan & Tambah Baru” dengan menambahkan kembali produk yang kamu inginkan.

 

Menerima Pesanan

Ketika jualan di Tokopedia, maka kamu akan menerima pemberitahuan atau notifikasi bila terdapat pesanan baru. kamu dapat melihat pesanan yang baru melalui menu “Penjualan” dalam “Toko Saya” atau dengan mengklik bagian ikon “Inbox” dalam header menu dan klik “Pesanan baru”. Agar bisa menerima pesanan, maka centang bagian kolom pesanan untuk diproses, kemudian klik bagian “Terima Pesanan” lalu klik lagi “respon pesanan”.

 

Tips Berjualan di Tokopedia Agar Cepat Laris

Berbagai kemudahan telah diberikan oleh Tokopedia, diantaranya kita dapat memiliki sebuah toko onlne yang buka hingga 24 jam x 7 hari dengan tanpa harus memikirkan anggaran untuk SEO, hosting maupun pembuatan situs toko online itu sendiri. Disamping itu, kamu pun tak harus repot dengan pembeli yang terkadang “merepotkan” sebab ragu-ragu untuk melakukan transaksi pembelian di toko online kia. BIla kamu benar-benar berniat berjualan di marketplace terbesar di Tokopedia ini, serta berharap untuk mendapatkan paling tidak sebanyak 5 penjualan, tentunya kamu harus mengikuti beberapa tips jualan di Tokopedia itu sendiri sebagai berikut:

 

1. Memakai Foto Berbeda

Tak jarang ketika kita mencari sebuah produk di Tokopedia, tetapi foto produk itu sendiri sama dengan foto produk dari toko online yang satu dengan yang lainnya. Dengan begitu kita pun merasa kebingungan sebab walaupun foto produknya serupa namun harganya bervariasi. Untuk itu, bila kamu ingin berjualan di situs ini, sebaiknya memakai foto produk sendiri dengan pengambilan gambar secara natural. Hal tersebut tentunya untuk membedakan ciri dari produk yang kamu jual, dengan begitu ketika harga yang dijual lebih mahal namun dengan gambar yang berbeda tetap bisa menarik calon konsumen untuk membelinya.

 

2. Usahakan Untuk Selalu Membuka Toko Online Lebih Awal

Jangan berharap untuk mendapatkan penjualan yang banyak walaupun harga barang yang dijual tergolong murah bila ternyata toko online kamu selalu tutup. Biasanya status keaktifan pada toko online misalnya untuk 3 hari yang lalu atau 5 hari yang lalu tentunya membuat calon pelanggan pun enggan untuk berbelanja produk kamu. Hal tersebut berbeda bila status keaktifan dari toko online kamu hari ini atau selalu aktif, dengan begitu membuat konsumen pun selalu melirik toko online kamu walaupun harganya cenerung mahal.

 

3. Merespon Secepatnya

Tips jualan di Tokopedia berikutnya adalah harus merespon setiap pertanyaan ataupun pemesanan dengan secepatnya. Konsumen tentunya tak ingin repot-repot membeli barang dari toko online yang slow respon atau lama sekali responnya. Dengan begitu agar produk kamu terjual cepat, dituntut cepat merespon setiap pertanyaan/diskusi maupun pemesanan dari konsumen. Hal ini tentunya akan memberikan kesan positif dari calon konsumen sehingga mereka pun lebih nyaman berbelanja di toko online kamu.

 

4. Hindari No Complain, No Cancel dan No Retur

Ketiga hal tersebut biasanya selalu muncul dalam deskripsi produk tiap toko online yang ada di Tokopedia. Jika penjual sering menyertakan ketiga hal tersebut seperti No Complain, No Cancel dan No Retur, maka terkesan jika penjual tersebut tak ingin bertanggung jawab jika barang yang telah sampai pada konsumen mendapat komplain terhadap barang yang telah dibelinya. Hal ini tentunya akan merugikan pihak konsumen, dan konsumen pun cenderung untuk tidak ingin berbelanja lagi di toko onlinemu. Jika kamu berjualan tentunya harus siap untuk menerima masukan atau keluhan dari pihak pembeli supaya bisnis yang dijalankan pun terus maju.

 

5. Jangan Lupa Cantumkan Nomor Ponsel

Jika kamu ingin menjadi penjual yang terpercaya tentunya kamu harus menyertakan nomor ponsel agar konsumen pun bisa langsung berinteraksi bersama kamu, meskipun umumnya pihak Tokopedia tak mewajibkan kamu memajang nomor ponsel untuk dapat dilihat oleh public secara terbuka. Informasi nomor ponsel tersebut sangat penting agar pembeli pun dapat menghubungi kapan saja dengan tidak harus memakai fitur yang telah disediakan situs sebab tergolong kurang efisien.

 

6. Selalu Mengaktifkan Fitur Pemberitahuan Email

Jika kamu tak dapat menyalakan perangkat komputer seharian penuh, maka cukup dengan menyalakan fitur notifikasi pada email di smartphone kamu agar memperoleh pemberitahuan langsung dari Tokopedia, baik mengenai diskusi produk, penjualan atau pesan baru lainnya dengan begitu kamu pun bisa cepat meresponnya. Saat ini Tokopedia sendiri telah menyediakan berbagai aplikasi dengan begitu tak ada alasan untuk kamu telat membalas diskusi produk maupun pemesanan.

 

7. Hindari Perang Harga

Misalnya kamu melihat produk yang sama dengan barang yang dijual, dan melihat harga jualnya paling murah sekitar Rp. 40 ribu, maka jangan pernah menurunkan harga jual produk tersebut hingga level terendah, seperti Rp. 35 ribu hingga Rp. 30 ribu. Walaupun memang kebanyakan konsumen mencari harga yang murah, namun kamu harus berpikir dalam jangka panjang jika terus menerus mendapatkan pemesanan dari konsumen dengan banting harga tentunya ini merupakan cara yang salah dan kamu pun tidak akan memperoleh keuntungan ketika jualan di Tokopedia.

 

Nah, jika kamu ingin meningkatkan reputasi dan penjualan di Tokopedia, silakan ikuti event ini:

 

BUILD YOUR REPUTATION WITH TOKOPEDIA 

Kenali jurus-jurus jitu optimalisasi e-commerce untuk wirausahamu ala Tokopedia. Plus, ada Top Seller inspiratif juga, lho! Mereka bakal share berbagai tips & trick jualan di Tokopedia.

Waktu: Sabtu, 17 Desember 2016
Pukul: 09.00-13.00
Tempat: Aula Siti Parwati, FIB – Universitas Airlangga, Surabaya

HTM: FREE

Berani jadikan usahamu bagian dari membangun Indonesia lebih baik lewat internet?

Klik link berikut: http://bit.ly/tdatoped untuk mengamankan kursimu karena peserta di event ini sangat terbatas.

 

CP: Kevin | 085717288907

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

4 thoughts on “Tips Berjualan di Tokopedia Agar Cepat Laris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *