Tips Belajar Mengembangkan Bisnis dengan Sosial Media
Pernahkah Anda bepikir, dunia saat ini tanpa internet, tanpa sosial media dan tanpa semua yang membuat kita lebih mudah melakukan banyak aktivitas? Seolah tidak ada habisnya sosial media memberikan banyak kemudahan bagi siapapun yang sudah tidak asing dengan internet. Indonesia sendiri merupakan salah satu Negara dengan populasi pengguna sosial media terbesar di dunia. 22% dari seluruh pengguna internet di Indonesia merupakan user aktif di sosial media. Jumlah terbesar adalah mereka yang berada pada usia 16 – 44 tahun. Ini membuktikan internet dan sosial media seolah sudah menggeser keberadaan media promosi untuk bisnis lainnya.
Ya, saat berbicara sosial media untuk bisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebab akan ada beberapa hal yang membuat kita pastinya merasakan perbedaan. Bukan hanya sekedar menemukan dan berkomunikasi dengan banyak orang, tapi nyatanya sosial media mampu menjadi lading bisnis yang menguntungkan.
Beberapa di bawah ini kami bagikan beberapa tips untuk sosial media strategi bagi bisnis.
- Buatlah iklan Facebook yang tidak sekedar produk, tapi fokus pada konten
- Jalankan kontes untuk meramaikan Facebook, kontes foto misalnya
- Mengadakan undian berhadiah juga boleh dicoba
- Campaign live di Facebook juga bisa mendukung promosi produk Anda
- Perkaya konten foto dan video untuk postingan Facebook Anda
- Gunakan hashtag dan tag orang yang memiliki influencer besar juga bisa menarik banyak leads
- Selain undian, posting saja kupon untuk pembelian produk Anda
- Menanggapi komentar dan interaksi lainnya
- Menjalankan “reaction” Campaign di Facebook
- Posting juga inforgrafis dengan pembahasan yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang
- Jangan lupa membuat jadwal untuk postingan di sosial media Anda, Anda bisa menggunakan Buffer.com
- Buzzsumo juga akan membantu Anda mengkurasi konten yang relevan dengan audiens Anda
- Anda dapat memanfaatkan influencer untuk membagikan konten di sosial media
- Buatlah moment yang pas untuk Anda posting di sosial media
- Mengadakan kuis atau menjalankan polling pemungutan suara juga akan membuat sosial media Anda penuh interaksi
- Gunakan beberapa sosial media untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi
- Membagikan konten dari pelanggan yang memberikan testimonial kepada kita
- Di Instagram, buatlah postingan yang bekerjasama dengan banyak influencer
- Coba gaet influencer dalam acara perusahaan, dan bagikan foto Anda di Instagram
- Berikan tag pada foto Anda
- Gunakan platform analytics untuk melihat dan menguji campaign Anda
- Manfaatkan live story di Instagram
- Gunakan story untuk mempromosikan flash sale pada bisnis Anda
- Jika sudah iklan Facebook, Iklan Instagram juga harus dijalankan
- Buatlah konten video review produk untuk diposting di Instagram Anda
- Manfaatkan Youtube sebagai media promosi dengan konten video
- Posting secara konsisten dan tambahkan intro serta outro ke video Anda
- Berkolaborasi dengan para Youtuber yang sudah memiliki banyak subscriber
- Bisa juga dengan mensponsori Youtuber lainnya, tentu saja ini akan simbiosis mutualisme
- Letakkan penawaran di akhir video Anda
Nah, bagaimana? Sudah menemukan cara yang belum Anda lakukan? Jika sudah, segera lakukan hal itu. Beberapa tips di atas akan membantu kita dalam menjalankan campaign di sosial media bisnis kita.
Share: