Tipe Investor yang Sesuai dengan Startup kamu

Terbentuknya Startup harus dimulai dengan founder, problem & solve, dan Investor. Founder menemukan masalah dan mengkaji apa saja yang perlu di lakukan untuk melakukan keputusan apa. Setelah dikumpulkan data-data yang ada, di analisa apa solusinya. Setelah solusi ketemu, akan melakukan development prototype. Prototype adalah bentuk awal dari sesuatu yang ingin dibuat. Prototype terbentuk dan tinggal di uji coba. Setelah di uji coba ternyata prototype kamu berhasil dibuat dan berhasil mendapatkan apa yang seharusnya dilakukan oleh prototype. Inilah saatnya kamu berfikir untuk bagaimana cara kedepan meng”hidupi” startup kamu.

Investor adalah orang perorangan atau lembaga baik domestik atau non domestik yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya) baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. (WIKIPEDIA). Inilah hal yang perlu kamu pelajari, ada banyak tipetipe investor yang kamu butuhkan/pilih untuk menjalankan startup kamu. Bukan berarti tanpa investor kamu tidak bisa menjalankannya. tetapi investor membuat grow kamu lebih cepat.

Berikut akan dijelaskan beberapa list investor yang mungkin itu jodoh startup kamu.

Angel Investor

Tipe Investor ini adalah tipe yang paling di “senang”i. Bukan karena tulisannya angel jadi seperti bidadari, tetapi angel disini benarbenar memberikan suatu fasilitas seperti ibu peri(baca:memberikan apa yang diinginkan). Investor ini memberikan dana yang tidak sedikit. Angel Investor akan mendapatkan saham ketika memberikan dana suntik untuk startup. Salah satu contoh Angel Investor yang ada di Indonesia yaitu Angel Invesment Network Indonesia (Angin).

Venture Capital Firms

Tempat penggalangan dana para konglomerat yang dikumpulkan untuk memberikan suntikan dana untuk perusahan perintis (baca: startup). investor ini juga akan mendapatkan saham dari dana yang disuntikkan. startup harus melakukan pitch  untuk mempresentasikan apa yang sedang dilakukan oleh startup. Salah satu contoh Venture Capital Firms yang ada di Indonesia yaitu East Venture.

Family Offices

Nah ini yang terakhir dan paling mudah untuk dilakukan(baca:tergantung). Ini dalah investor yang investornya adalah dana dari keluarga. Bisa dari keluarga konglomerat ataupun keluarga kerajaan yang memiliki uang banyak. Salah satu contoh Family Ofiices di Indonesia yaitu Bakri Group.

 

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *