

Sukses berjualan di sosial media
Sukses berjualan di sosial media! Berjualan produk di sosial media seperti merupakan cara yang sangat efektif di era sekarang, dan menjadi ide bisnis online yang mantap. Semakin banyak orang yang tidak bisa lepas dengan gadget dan sosial media, semakin besar juga kesempatan Anda untuk sukses berjualan di sosaial media. Namun tidak sesederhana itu, diperlukan strategi pemasaran digital agar toko online Anda jadi terpecaya dan menjadi tujuan awal saat ada pembeli yang mencari tipe produk yang Anda jual.
Untuk memaksimalkan pemasaran produk Anda dan menjadi sukses berjualan di sosial media, sebaiknya perhtikan langkah-langkah berikut:
Pastikan Anda tahu produk Anda dan siapa yang akan membeli produk tersebut. Sperti contoh, bila Anda menjual peralatan dapur sudah dipastikan calon pembeli Anda adalah ibu-ibu. Bila calon pembeli Anda adalah ibu-ibu, maka gunakanlah bahasa yang sesuai untuk mereka. Faktor ini sangat penting diperhatikan untuk sukses berjualan di Sosial Media. Maka dari itu tidak bisa langsung menyapa pelanggan dengan panggilan ‘bro’ sis’ dahulu sebelum mengetahui pasar dari produk Anda.
Strategegi Berjualan di Sosial Media dibutuhkan konten tulisan yang menarik dan original. Tentu saja gambar dari produk atau gambar lain yang mendukung. Pentingnya konten adalah untuk memperkenalkan produk Anda mengenai keunggulan dan spesifikasi produk, bahkan bisa diberi sentuhan cerita dibalik produk tersebut untuk membangun kedekatan dengan pelanggan.
Jumlah konten juga perlu diperhatikan, bila terlalu sedikit memberikan konten tentu saja bisa muncul dugaan dari pelanggan bahwa perusaan Anda atau dagangan yang dijual tidak laku dan tidak berkembang. Bila Anda terlalu banyak memberikan konten di sosial media, tentu saja bisa mengganggu bahkan mengusir follower atau likers sosial media Anda. Bila beranda sosial media dari follower Anda dipenuhi dengan postingan Anda, tentu saja akan mengganggu follower Anda untuk memperoleh informasi lain dari sosial medianya yang akhirnya mereka akan terganggu dengan akun sosial media toko Anda dan melakukan unfollow atau dislike! Jangan lupa memberi pendekatan khusus untuk pelanggan yang ada di sosial media, seperti memberi ucapan hari besar atau memberikan diskon.
Sebagai fungsi dasarnya sosial media, tentu saja kita perlu berkomunikasi dan membangun jaringan di dalamnya. Dimaksud membangun jaeingan disini yaitu tetap berkomunikasi dengan pelanggan dan juga membangun hubungan dengan orang yang membicarakan produk kita di sosial media dengan cara retwit(untuk twitter) ikut berkomentar atau memberikan like(untuk facebook dan Instagram). Untuk sukses bejualan di sosial media, bila respon sosial media tentang produk Anda baik maka pelanggan dengan senantiasa akan mempromosikan produk yang dia beli di akun pribadi mereka. Dengan demikan semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk membeli produk yang Anda jual lewat sosial media.
Bila Anda sudah menjalankan langkah diatas dengan sempurna, maka mulailah mendengar pelanggan Anda yang ada di sosial media. Mulailah memahami apa yang mereka ingin dari produk Anda, apa kelebihan dan kekuarangan produk Anda yang perlu dibenahi dan dimaksimalkan dan infokan kembali kepada mereka. Bila pelanggan dari sosial media telah berkembang, arahkan mereka untuk ke website untuk mengenali lebih dalam tentang perusahaan Anda agar mengetahuai keseluruhan produk yang Anda miliki. Bila Anda belum memiliki website perusahaan, silahkan cek paket web hosting unlimited dari Beon.
Bila Anda sudah merasa sukses berjualan di sosial media, cobalah untuk menyaring beberapa pelanggan yang berpotensi menjadi reseller atau membuka kesempatan untuk berbisnis dropship dengan toko online lain yang ingin menjualkan produk Anda. Bila semua berjalan lancar, Anda harus bersiap menjadi jutawan yang sukses berjualan di sosial media.
by: Firman
Share:
Pingback: Mendapat Penghasilan Dari Blog? Mulailah dengan 4 panduan langakah