Strategi Instagram yang Harus Anda Coba Sekarang Juga

Siapa yang tidak tahu Instagram? Salah satu social media yang paling popular saat ini. Sejak kemunculannya memang banyak meyita perhatian. Dari yang hanya bisa upload dan share foto, video sampai memiliki fitur untuk live streaming dengan para follower. Instagram memberikan banyak fasilitas yang juga bisa dinikmati oleh para pebisnis online.

Berbisnis online bukan hanya sekedar berjualan di marketplace atau website, tapi social media merupakan media yang paling mudah dijangkau, dari segi aplikasi sampai dengan harganya. Sejak Facebook, Instagram, sampai dengan Line @ pun menjadi sarana dan media para pebisnis untuk mempromosikan bisnis mereka secara digital.

Nah, untuk Instagram sendiri ada beberapa teknik yang bisa diterapkan untuk mempromosikan produk bisnis Anda. Karena memposting foto pribadi dengan foto produk tentu saja berbeda. Lalu apa saja tekniknya? Mari kita simak bersama:

Buat akun Instagram khusus

Kenapa harus khusus? Berjualan di Instagram pribadi sah-sah saja. Tapi yang jelas, tidak ada pelanggan yang akan percaya jika sebuah bisnis tidak mencantumkan username dan detail bisnisnya secara pribadi.

Nah, jika Anda ingin membangun sebuah bisnis online dengan media Instagram yang sukses, Anda harus mulai memikirkan untuk membangun akun khusus bisnis Anda. Buatlah sebuah akun dengan username, dengan detail dan dengan identitas yang benar-benar menggambarkan bisnis Anda.

Bangun konten yang sesuai dengan pasar

Setiap bisnis pasti memiliki target yang berbeda-beda. Tentu saja Anda pun harus tahu siapa target pasar Anda. Sehingga komunikasi yang akan digunakan di dalam media offline ataupun online seperti Instagram bisa tersampaikan dengan mudah. Konten yang harus dibangun tentunya harus sesuai dengan konsep bisnis dan target pasar yang Anda miliki. Mulai dari foto, video sampai dengan caption dan juga hashtag.

Mengunggah foto berkualitas terbaik

Meningkatkan profesionalitas sebuah akun bisnis di Instagram, tentu saja kualitas foto atau gambar juga wajib diperhatikan. Foto yang berkualitas terbaik akan membawa banyak ketertarikan dari setiap follower. Pastikan Anda pun melakukan pengambilan foto secara professional. Jangan takut karena harga perangkat yang mahal. Sebab masih banyak cara untuke dit foto yang murah meriah yang sesuai dengan budget para pebisnis online.

Hindari Terlalu Banyak Effect

Dalam mengunggah foto produk, hindari untuk tidak menggunakan filter atau effect foto yang terlalu berlebihan. Jika memang harus menggunakan, pastikan foto produk tetap terlihat se natural dan se asli mungkin. Sebab foto produk akan mempengaruhi rasa percaya pelanggan yang akan membeli produk Anda.

Gunakan Selalu Hashtag

Dalam memposting foto dan caption produk di Instagram, jangan lupa untuk terut serta mencantumkan hashtag. Hashtag pun harus disesuaikan dengan target pasar yang sesuai. Sebab salah-salah kita akan mendapatkan pelanggan yang tidak sesuai dengan target pasar kita. Menggunakan hashtag juga jangan sembarangan. Jangan sembarang hashtag kita ikutkan dalam setiap caption. Karena bukannya menambah follower atau pelanggan, justru akan mengganggu follower yang lain.

Membangun relasi bersama akun IG sejenis

Dalam bisnis apapun, menggunakan media apapun, sebuah kolaborasi harus tetap terjalin. Nah, saat Anda menggunakan Instagram untuk berjualan, cobalah untuk membangun relasi atau berkolaborasi dengan akun Instagram sejenis. Dari sini kita bisa mendapatkan pelanggan dari akun sejenis itu. Bukan bermaksud mengambil, namun berada dalam 1 cyrcle yang sama pun akan membuat kita saling belajar satu dengan yang lain.

Menawarkan promosi dengan syarat

Poin ini tentunya berlaku bagi setiap akun media sosial, yang mana dengan melakukan promosi secara khusus berbentuk free item atau potongan harga disertai syarat di dalamnya. Ada banyak syarat yang bisa kamu gunakan, misalnya saja dengan Re-Gram atau semacam retweet untuk twitter, LOVE postingan dan share seperti pada facebook. Biasanya memerlukan aplikasi khusus supaya kamu bisa melakukan re-gram postingan pada akun IG yang lain.

Jangan lupakan logo brand

Salah satu yang bisa kita gunakan sebagai alat branding adalah logo brand. Kenapa bisa? Karena melalui logo kita bisa menyebar dan memberitahukan banyak orang siapa kita. Logo bukan hanya bisa dicanutmkan di foto profil akun kita. Tapi juga dicantumkan di dalam foto sebagai icon atau bookmark foto tersebut.

Menunjukkan cara pembuatan

Jika bisnis Anda merupakan produksi sebuah produk, Anda bisa menunjukkan cara atau proses pembuatannya untuk diposting di Instagram. Ini akan meningkatkan trust atau kepercayaan dari follower atau calon pembeli kita.

Menunjukkan toko offline yang kamu miliki

Jika Anda memiliki toko offline atau toko fisik, Anda pun bisa menunjukkannya di salah satu foto yang Anda upload. Dari foto toko tersebut, kembali akan meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan Anda bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang professional.

Nah, dari tips di atas bisa Anda lakukan untuk meningkatkan awareness dan branding bisnis Anda. Instagram memang cukup dekat dengan masyarakat. Jadi tidak salah jika Anda menggunakannya untuk media promosi bisnis atau produk Anda. Jadi, coba sekarang!!!

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *