Ini Dia 3 Tips Pindah Ke Cloud Hosting Buat para Pemilik Perusahaan

 

Buat Anda yang baru saja hendak memindahkan maupun mentransfer metode dalam mengelola website dan blog dari shared hosting yang konvensional menjadi cloud hosting mungkin akan mengalami beberapa kendala, terutama dari sisi pemahaman dan mekanisme. Tapi tak perlu khawatir, Beoners! Karena lewat artikel dari ITPro berikut ini, Anda bakalan tahu sejumlah tips pindah ke cloud hosting.

Terutama jika Anda merupakan seorang pemilik website, blog, ataupun content-content bisnis yang membutuhkan space besar, traffic tinggi, serta keleluasaan dalam menyesuaikan kapasitas pekerjaan dan item Anda.

Selain itu, cloud hosting juga secara terang-terangan memiliki keamanan, tingkat fleksibilitas yang juga jauh lebih tinggi daripada shared hosting biasa.

Karena bagaimanapun cloud hosting akan semakin membantu Anda dalam mendevelop bisnis dan website Anda. Maka dari itu, tips pindah ke cloud hosting akan jadi hal yang sangat Anda butuhkan.

Yang perlu Anda pahami di awal, adalah bahwa kewajiban dari transfer dari shared menuju cloud hosting merupakan langkah yang krusial. Dimana nantinya selain dari segi teknis, banyak perspektif profesionalitas yang akan dijadikan parameter saat Anda sudah berpindah ke cloud hosting. Begini sejumlah tips pindah ke cloud hosting buat Anda para pemilik bisnis dan website.

pindah ke cloud hosting

Cloud Computing

  • Pindahkan Aplikasinya, bukan Persoalannya

Melakukan migrasi dari shared hosting menuju cloud hosting bisa berarti Anda harus memindahkan sejumlah data, perkakas, alat, item dan banyak lagi yang lainnya. Agak munafik jika disebutkan Anda tak akan menemukan persoalan yang bisa menghambat.

Tapi tips pindah ke cloud hosting yang satu ini menyarankan supaya Anda tetap harus memindahkan segala macam equipments tersebut, tapi bukan persoalannya. Secara tidak langsung Anda harus tetap fokus untuk memindahkan dan jangan terdistract dengan keberadaan problem yang ada.

Biasanya masalah akan mulai muncul saat disadari bahwa satu korporasi IT, misalnya, sudah memiliki infrastruktur kerja yang mendekati sempurna. Terutama untuk masalah storage, media kerja, CMS dan lain sebagainya.

Namun saat migrasi menuju cloud hosting pasti hal-hal tersebut akan jadi masalah karena penggubahan infrastruktur yang berbeda. Tetap percayakan pada teknisi, dan adaptasi Anda dengan cloud hosting sejatinya hanya tinggal menunggu waktu.

  • User Identities

Saat bermigrasi dari shared hosting menuju cloud hosting, maka akan ada dikotomi aplikasi yang bisa diikutkan kepada cloud hosting, dan tak sedikit aplikasi yang terpaksa harus ditinggal karena obsolete.

Hal tersebut tentu akan mengganggu terutama jika aplikasi yang sudah dipergunakan bakal jadi krusial. Namun bagaimanapun migrasi ke cloud hosting akan tetap jadi lebih diprioritaskan daripada aplikasi yang obsolete, terutama dalam implementasi Software as a Service alias Saas.

Salah satu tips pindah ke cloud hosting terbaik adalah supaya para teknisi harus tetap fokus dengan user identity. Karena keberadaan identitas user jauh lebih penting daripada aplikasi yang sudah terinstal.

Nantinya user identities yang masih ada hanya perlu diberikan atribut yang spesifik mengenai lokasi, device, otentikasi user serta keberadaan password dan sebagainya. Selebihnya, aplikasi dan keperluan lainnya bakalan menyusul seiring selesainya migrasi ke cloud hosting.

  • Fokus pada Recovery

Salah satu yang menjadi titik berat pemindahan dan migrasi menuju cloud hosting adalah keberadaan disaster recovery and business continuity. Dimana parameter ini jadi nilai penting supaya hosting tetap bisa berjalan dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Ada beberapa hal yang perlu difokuskan saat Anda memraktekkan tips pindah ke cloud hosting, beberapa di antaranya adalah risk and return of investment, dan serta storing serta management transaksi data supaya tetap konsisten.

Alih-alih harus ribut dan bingung mengenai bagaimana susahnya pindah ke cloud hosting, lebih baik Anda fokus kepada apa saja yang bisa dioptimalkan pasca bermigrasi ke cloud hosting.

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *