Belajar Dari Kasus Provider Server Yang Sedang ‘Diuji’

Provider Server Terbaik Beon.co.id

TAK ADA PROVIDER VPS TERBAIK YANG SEMPURNA.

Kemarin, dapat disebut sebagai hari berkabung se-dunia maya dan juga pelajaran berharga bagi para provider server. Mereka yang menempatkan websitenya di server hosting terbaik milik Amazon S3, harus bersabar selama kurang-lebih 4 jam dikarenakan “Major Outage”. Kami berani menyebutnya sebagai hari berkabung se-dunia maya karena banyak sekali website & aplikasi besar yang harus ‘berpuasa’ pengunjung karena website atau server mereka tak bisa di akses pelanggan setianya.

Tak lama berselang setelah Amazon S3 normal kembali, giliran beberapa provider hosting Indonesia mengalami hal yang -kurang lebih- sama. Dua marketplace terbesar di Indonesia, kali ini harus kompak menampilkan halaman yang sama: Mohon Maaf.

Penyebab dari Amazon S3 down memang belum dirilis alasannya. Tapi yang terjadi di Indonesia indikasinya sama, karena data centernya mengalami gangguan. Jika mengarungi portal berita, mungkin ada hubungannya dengan terputusnya link akses si provider data center karena proyek pengerjaan MRT.

Sebenarnya, yang ingin kami tekankan sudah pernah kami bahas sebelumnya, ketika ada failure pada storage milik Digital Ocean. Hal-hal di luar dugaan selalu bisa terjadi. Oleh karena itu, kami selalu menyarankan untuk selalu sediakan server untuk backup.

Baca Juga: Data Hilang, Startup Ini Pusing Bukan Kepalang

“Jangan pernah menempatkan server backup pada satu data center yang sama.”

Itu sama saja dengan menyimpan backup foto pada satu perangkat handphone. Jika handphone rusak atau hilang, ya sudah. Ikhlas. Oleh karena itu, Beon.co.id sejak awal sudah mempersiapkan dua data center yang bisa digunakan oleh customer kami, yakni di Jakarta & Surabaya. Bisa dibilang, kami sebenarnya sudah menerapkan sistem ‘Multi Region’ sejak lama. Customer bisa melakukan request dimana server mereka ingin ditempatkan dengan cara hubungi care@beon.co.id.

LAGI-LAGI, APAKAH INI ARTINYA SANG PROVIDER TIDAK MAMPU?

Tidak juga. Dalam kasus Amazon S3, siapa lagi yang meragukan kemampuan AWS? Artinya, bukan mereka tidak mampu, tapi memang terjadi hal yang diluar dugaan mereka. Tidak ada satupun provider hosting terbaik yang ingin servernya down.

Begitulah server. Sama seperti bisnis, banyak terjadi kejutan yang menguji kesabaran. Hanyalah buatan manusia yang tak sempurna. Sehebat apapun manusia membuat server, menjaganya, ada kalanya sesuatu di luar dugaan terjadi.

Dan di Beon.co.id, memang yang selalu kami katakan dan janjikan adalah kecepatan kami merespon ketika Anda membutuhkan kami.

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Segera tambahkan server backup di data center berbeda. Jika Anda adalah customer Beon.co.id, Anda tak perlu sewa server di provider lain, karena kami memiliki 2 data center, yakni di Jakarta & Surabaya. Segera buat Server DRC (Disaster Recovery Center) sekarang juga.

Memang artinya Anda harus mengeluarkan biaya lebih. Namun coba sejenak Anda renungkan, berapa kerugian yang harus Anda tanggung ketika peristiwa di atas terjadi pada Anda. Detik.com pernah mengalaminya dulu, dan mereka belajar.

Selalu utamakan provider yang memiliki banyak jalur network, seperti Sistem Smart Network yang juga sudah lama kami terapkan dan dinikmati seluruh customer Beon.co.id & JagoanHosting.com. Seluruh server kami dimanapun berada, memiliki hardware premium yang sama: SUPERMICRO dengan didukung media penyimpanan SSD & NVME.

Ini tidak selalu berarti kami menyuruh Anda memindahkan server Anda ke server kami. Jika yang sekarang sudah berjalan baik, biarkan. Jangan pernah pindah jika provider Anda sekarang sudah mampu cover kebutuhan Anda. Cukup tambahkan server DRC, itupun jika Anda sayang dengan bisnis dari website atau aplikasi Anda.

Website / Aplikasi adalah Nyawa Bisnis Anda. Don’t let them down.

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa artikel ini adalah salah satu upaya kami untuk promosi VPS INDONESIA milik kami yang bisa atur spesifikasi sesuka Anda. Biarlah. Tapi poin kami adalah mengingatkan, jika memang bisnis Anda sangat penting untuk hidup Anda, buatlah server DRC.

Tim teknis Anda harusnya bisa mempertimbangkan hal ini. Dan apabila Anda tidak memiliki tim teknis yang bisa membantu Anda membangun DRC, kami di Beon.co.id siap membantu.

Sayangi website & aplikasi Anda. Berikan nyawa kedua bagi website & aplikasi Anda.

—–

PS: Jika Anda ingin melihat bagaimana Sistem SMART NETWORK kami bekerja, silahkan lihat video di bawah ini.

Jika ingin tahu kehandalan VPS kami lebih jauh untuk DRC ataupun server utama, silahkan KLIK DISINI.

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *