Mengapa Perlu Menggunakan Sosial Media Untuk Bisnis Anda?

Launching Online Store anda dapat diibaratkan seperti bermain rubic. Mengapa?

Anda pastinya memerlukan kualitas gambar yang bagus untuk bisa ditampilkan dalam website. Bahkan potential customer anda tidak akan menemukan website anda jika website anda belum di optimasi dengan SEO.

Atau bahkan anda tidak bisa mengharapkan pelanggan anda membeli dalam website anda jika belum adanya sistem payment gateway atau keranjang belanja yang jelas. dan pada akhirnya anda harus melakukan packing serta pengiriman produk yang di lakukan order oleh pelanggan anda.

Jika dalam sistem ecommers website sudah berjalan sangan mulus dan lancar, saatnya anda kembali memikirkan bagaimana anda harus terus bergerak dan tumbuh. Salah satu strategi yang dapat membantu anda untuk bertumbuh adalah mengenalkan branding product anda melalui Sosial media.

Secara data pengguna Sosial media saat ini untuk Facebook mencapai 2 miliyar pengguna aktif, instagram 600 juta pengguna aktif serta twitter 340 juta pengguna aktif. Hal ini merupakan sebuah kesempatan besar untuk anda mengenalkan produk anda kepada jutaan potential customer.

Namun hanya satu permasalahan yang perlu anda ketahui, Dimana jika anda tidak mengetahui etiket dalam social media maka apapun yang anda lakukan hanya kan menjadi serangan terhadap bisnis anda.

Beberapa hal yang harus anda ketahui untuk dapat mendapatkan keuntungan berbisnis melalui social media:17 maret 2017(2)

 

Sosial Media untuk bisnis : Ya atau tidak ?

Belajar lebih dalam mengenai etiket sosial media, menurut Mick Griffin CRO dari Brand24 mengungkapkan bahwa semua perusahaan perlu membuat akun social media untuk branding perusahaan atau produknya. Tidak peduli anda sebagai solopreneur, bisnis kecil, menengah bahkan industry sekalipun. Hal ini perlu karena bukan hanya untuk mengikuti perkembangan jaman, namun juga terkait dengan kepercayaan pelanggan terhadap sebuah brand.

“Even the smallest businesses have to know that their potential customers are going to look online and see what they can find out about them first. So, it’s really good to show them that even if you’ve got a hundred followers, or you have ten tweets from Twitter, it’s really good to show them that you are in it for the long term, that they can trust you a little bit longer. Mainstream social media, I think it’s a necessity now.”

Yang terpenting dalam menggunakan Sosial Media ini adalah anda dapat menentukan siapa yang akan menjadi target potential customer anda. Tidak lagi menghabiskan biaya yang begitu besar untuk melakukan iklan di koran, atau Televisi dimana anda hanya akan menebak-nebak apakah sudah iklan yang anda lakukan ini sesuai dengan target market anda.

Sebagai contoh : Pengusaha yang melakukan iklan di televisi akan banyak memilih ke acara televisi yang memiliki rating terbaik dengan harapan akan banyak yang melihat iklan mereka.

namun jika anda menggunakan social media anda dapat menentukan rentang usia yang akan menjadi target pelanggan anda, wilayah yang dapat di jangkau, serta ketertarikan target pelanggan anda.

Jadi, Jika anda saat ini berfikir untuk membuat akun sosial media untuk bisnis anda, maka SEKARANG! inilah saat yang sangat tepat!

Etiket Dalam Sosial Media

Banyak sekali perusahaan yang memulai untuk melakukan campaign dengan isi konten yang di peruntukan untuk ratusan orang. Percayalah bahwa isi konten tersebut bahkan tidak ada manfaatnya untuk siapapun.

Hal yang sama juga berlaku untuk perusahaan yang berusaha membuat konten yang viral dengan harapan ingin menjadi sukses dalam sosial media, sayangnya hal tersebut malah menjadi postingan yang paling tidak bermafaat.

 

Aturan pertama etiket dalam sosial media : Jujur dan Asli

 

Jangan pernah memebuat konten dalam sosial media dengan mengangkat topik yang saat ini sedang viral. postinglah sesuatu yang benar-benar menunjukan branding anda, Untuk membuat brand anda menjadi viral buat lah sesuatu yang lebih jujur dan asli serta menunjukan manfaat yang dapat anda tunjukan melalui brand anda. Perlu anda pahami bahwasanya banyak pengguna sosial media yang memiliki radar dimana mereka akan tahu iklan yang akan menipu atau bahakn memanipulasi mereka.

Tips : Anda harus lebih mengenal siapa audience anda jangan pernah memaksa atau bahkan menyajikan konten yang tidak sesuai dengan diri anda.

 

Aturan kedua dalam sosial media : Jangan pernah takut mendapat feedback negatif

 

Permasalahan dalam sosial media ini adalah ketika akan ada saatnya anda menjadi lebih rentan. Hal ini dapat terjadi pada saat palanggan anda mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan dari produk atau jasa anda, lalu melakukan review pada website anda atau bahkan melakukan mention secara langsung ke anda dan dapat dilihat oleh pelanggan anda yang lain.

celakanya lagi sedikit saja komentar tidak menyengakan dalam sosial media anda dapat mepengaruhi kualitas dari brand anda.

Maka dari itu anda harus selalu waspada terhadap komentar negatif dimana anda harus meperhatikan setiap komentar yang ada dalam sosial media anda. Walaupun komentar yang ada adalah komentar negatif percayalah bahwa anda harus bisa membuat sebuah keluhan menjadi sebuah pujian karena pelanggan akan merasa senang Jika mereka diakui.

Menggunakan sosial media sebagai branding bisnis anda bukanlah perkara yang mudah namun memiliki banyak hal positif yang bisa anda raih, dimana anda dapat menjalin hubungan dengan target pelanggan anda, dan anda akan memperoleh kepercayaan serta loyalitas dari pelanggan anda.

Share:

Written by

Memberi manfaat lebih dan terbaik dari yang anda bayangkan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *