Mana Yang Cocok Untuk Website Bisnis Anda?

Mana Yang Cocok Untuk Website Bisnis Anda, WordPress atau Web Statis?
Apakah anda sedang terpikirkan untuk membuat sebuah website untuk bisnis anda? Anda pasti bertanya-tanya, webste apa yang cocok untuk bisnis anda? Beberapa orang akan menggunakan WordPress, beberapa lainnya akan menggunakan web statis. Apa perbedaannya?

Kelebihan Menggunakan WordPress

WordPress adalah Content Management System (CMS). CMS memungkinkan anda untuk mengatur website dengan mudah menggunakan tampilan yang ramah pengguna.Anda bisa mengatur konten dan tampilan website langsung dari panel admin. Tinggal klik menu-menu yang telah disediakan. Sebenarnya, ada banyak sekali CMS yang tersedia diluar sana. Namun WordPress adalah salah satu CMS paling terkenal dan mudah digunakan. WordPress juga sangat mudah di update. Akan selalu muncul pemberitahuan di dashboard jika wordress versi terbaru telah tersedia untuk di download dan di gunakan. Anda juga bisa menggunakan banyak sekali pilihan tema profesional. Baik yang gratis maupun yang berbayar. Atau jika anda memiliki kemampuan dalam programming, anda bisa membuat tema WordPress anda sendiri. WordPress juga dapat ditingkatkan fungsionalitasnya denga menggunakan plugin-plugin tambahan. Anda bisa menwoambahkan fungsi formulir kontak, menambahkan galeri, dan lain-lain.

Kekurangan menggunakan wordpress

Kekurangan jika anda menggunakan WordPress adalah harus mempelajarinya dengan seriu. WordPress adalah CMS yang sangat kompleks, karenanya anda harus mempelajarinya dengan baik sebelum menggunakannya. Karena sifatnya yang kompleks, anda harus memelihara (maintenance) WordPress dengan baik. Anda harus rajin mengupdatenya jika ada pembaruan.

Kelebihan menggunakan web statis

Apa itu web statis? Web statis adalah website yang seluruh komponen pembentuknya hanya menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Tida ada pengunaan bahasa pemrograman seperti PHP.
Jika anda tidak pernah membuat website, maka anda harus menyewa seorang pengembang web jika ingin menggnakan web statis untuk bisnis anda. CMS seperti WordPress membutuhkan sebuah database untuk menyimpan dan mengirim konten website ke para pengunjung. Sedangkan web statis tidak, karena ia sejatinya adalah halaman statis. Web statis sangat cocok digunakan untuk website company profile, brand pofile, atau halaman web apapun yang ditujukan untuk menampilkan sesuatu. Web statis biasanya jarang sekali di update. Karenanya, menggunakan web statis akan sangat meghemat anggaran. Anda hanya perlu membeli domain dan hosting berkapasitas kecil, web statis anda sudah bisa langsung diakses.

Kekurangan menggunakan web statis

Tidak ada update, kecuali jika anda mengetahui dasar-dasar HTML, CSS dan JavaScript. Maka anda sendirilah yang bertugas untuk mengupdate website anda.Tidak ada fitur-fitur khusus pada sebuah web statis, karena sejatinya fitur-fitur tersebut tergantung dari bagaimana anda membuat website tersebut. Jika anda tidak mengerti mengenai pengembangan website, anda tentu harus merogoh kocek mahal untuk membayar seorang pengembang web.

Manakah yang lebih baik? WordPress atau web statis?

Tidak ada yang lebih baik ataupun lebih buruk. Karena setiap teknologi memiliki fungsi dan segmennya masing-masing. Anda bisa menggunakan WordPress ataupun web statis, semua tergantung dari pilihan dan kebutuhan anda. Jika anda menginginkan kemudahan penggunaan, maka WordPress bisa menjadi pilihan anda. Jika anda menginginkan website yang cepat dan jarang di update, maka web statis adalah pilihan anda.

Written by

Memberi manfaat lebih dan terbaik dari yang anda bayangkan :)

One thought on “Mana Yang Cocok Untuk Website Bisnis Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *