Kegagalan Startup yang “PERLU” Dilakukan di Indonesia

Hal hal yang perlu dilakukan startup untuk survive adalah salah satu hal penting dalam perkembangan startup di Indonesia. Kita tau Indonesia sudah mulai menjamur dengan membawa solusi menarik dan unik untuk Indonesia. Maka kita perlu melihat apa yang bisa dilakukan agar kata “menjamur” ini tidak membuat masyarakat resah karena anak muda sekarang hanya ingin pamer dia akan membuat startup dan menShowcase apa ide mereka tanpa memperlihatkan kematangan untuk menjalankannya stabil dan hidup jangka panjang.

Dalam kehidupan startup di Indonesia kita tau ada GO-Jek, Tokopedia, Bukalapak. Mereka hidup di indonesia belum lama, dan belum bergenap 10 Tahun. Oleh karena itu banyak sekali tantangan mereka walaupun sudah dilihat di mata masyarakat. Tantangan ini harus dilalui dengan beberapa “kegagalan”. Kegagalan bukanlah sebuah hal yang perlu kita takuti. Kadang stereotype kita tentang sukses harus melalui dengan kesempurnaan tanpa kegagalan. Padahal kegagalan itulah yang membuat startup itu berkembang dan evolve.

Kebiasaan orang indonesia yang berpatokan hal yang gagal akan selalu gagal kebelakangnya adalah paradigma yang salah, kegagalan membuat kita lebih berhati-hati dan mengevaluasi apa saja yang perlu diubah dari sistem maupun dari SDM yang ada. Berikut akan kami berikan hal-hal apa saja yang perlu “gagal” dalam mengembangkan sebuah startup di Indonesia.

Masalah kamu bukan masalah saya

Masalah kadang datang dari mana saja. setiap individu pasti memiliki masalah. Banyak masalah yang ingin disolusikan. tetapi masalahnya kadang startup tidak pernah melihat apakah di masyarakat perlu disolusikan masalah yang ingin disolusikan.

Patner yang tidak sesuai dengan visi dan misi.

Sebuah startup terlahir bisa hanya dengan satu orang, tetapi untuk mengembangkan dan membesarkannya perlu patner kerja yang pas untuk mengembangkannya lebih besar lagi. untuk memilih siapa patner yang pantas, mudah mudah gampang. kita perlu membreakdown apa saja yang harus dilakukan oleh patner dan hak” apa saja yang bisa dia lakukan.

Alur oraganisasi

Pemilihan SDM sangatlah penting . Tetapi jangan senang dulu ketika kamu mendapatkan orangorang terbaik yang bisa mewujudkan solusimu. Alur organisasi yang tepat adalah cara yang paling baik agar kinerja pegawai dapat terpantau dan dapat mendapatkan tugas yang jelas.

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *