Ini Rahasia Membuat Pelanggan Percaya Pada Bisnis Anda

Percaya atau tidak, sebuah bisnis terutama yang bergerak di dunia digital akan sangat mengutamakan kepercayaan pelanggan mereka? Tentu saja, membuat pelanggan percaya akan berdampak besar bagi sebuah bisnis. Namun bagaimana membuat mereka terus percaya dan loyal terhadap bisnis kita?

Ya, setiap bisnis online ingin meningkatkan penjualan mereka, menambah jumlah pelanggan dan membuat pelanggan datang lagi dan lagi.

Namun ada hal yang harus diperhatikan, reputasi bisnis online dimata pengguna internet sekaligus dimata calon pelanggan Anda.

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda untuk mempercayai atau tidak menaruh keyakinan pada sebuah bisnis.

Generasi Y mungkin akan membangun kesan baik terhadap sebuah bisnis online saat bisnis tersebut memiliki follower yang banyak di Facebook atau Twitter bisnis mereka.

Banyak orang yang akan terpesona dengan prestasi yang Anda miliki. Alasan inilah yang dapat kita manfaatkan untuk terus membuat orang percaya bahwa bisnis kita mampu melayani kebutuhan banyak orang.

Itu sebabnya, penting bagi semua pebisnis mengetahui bagaiman persona dari calon pelanggan mereka.

Apa gunanya? Tentu saja untuk menampilkan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan? Berikut ini adalah hal yang tidak boleh sekalipun dilupakan saat Anda membangun kepercayaan bisnis:

1. Menunjukkan bahwa bisnis Anda sudah dipercaya

Ya, penting untuk sebuah bisnis online adalah menunjukkan bagaimana orang lain percaya terhadap bisnis mereka. Seberapa banyak pelanggan yang telah mereka layani.

Jika Anda menggunakan website, manfaatkan website Anda untuk menunjukkan prestasi tersebut.

Banyak website perusahaan yang menunjukkan berapa jumlah pengguna atau pelanggan yang mempercayakan bisnis mereka.

Bukan hanya itu, follower di sosial media juga bisa menjadi senjata bagi sebuah bisnis untuk meningkatkan trusted bagi para pelanggan.

Selain menunjukkan jumlah, kita bisa juga menunjukkan logo pelanggan kita. Menggunakan logo dari perusahaan atau bisnis mereka di website kita, akan membuat bisnis Anda semakin dipercaya.

Anda bisa menggunakan kalimat “xxxxx Sudah mempercayakan bisnis mereka kepada layanan kami. Lalu Anda, kapan?”

Beberapa kalimat sangat berimbas besar pada tingkat kepercayaan pelanggan yang melihat website atau sosial media kita.

2. Menunjukkan bagaimana reputasi Anda di media

Salah satu yang dapat meningkatkan reputasi sebuah bisnis di mata pelanggan mereka adalah bagaimana bisnis tersebut memiliki reputasi baik di media. Media online ataupun offline akan sangat membantu bisnis Anda meningkatkan reputasi di mata pelanggan.

Misalnya saja saat bisnis Anda mendapatkan liputan dari salah satu surat kabar atau media online, maka ini bisa menjadi investasi Anda untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Seperti halnya Fancyhands.com yang menunjukkan bagaimana berbagai media mengulas perusahaan ini.

Anda bisa menampilkan logo dari media yang bersangkutan di website Anda. Ini akan membuat pengunjung website semakin percaya dengan bagaimana bisnis Anda sudah diulas oleh media lokal maupun media internasional.

3. Tampilkan testimonial pelanggan Anda di website atau sosial media

Selain review atau liputan dari berbagai media. Penting untuk membangun reputasi bisnis Anda dengan menampilkan testimonial pelanggan Anda.

Jangan hanya fokus pada menampilkan testimonial di website, tapi sosial media Anda seperti Facebook, LinkedIn dan Youtube Channel Anda pun menyediakan fitur review untuk bisnis atau layanan Anda.

Anda pun bisa menampilkan cerita sukses dari pelanggan Anda setelah bagaimana ia menggunakan produk atau layanan dari bisnis Anda.

Anda bisa menampilkannya dalam bentuk lebih menarik, seperti video.

Anda juga bisa menggunakan tools yang bisa membantu mendapatkan testimony sekaligus menganalisa bagaimana respon pelanggan terhadap bisnis Anda.

4. Tonjolkan betapa pantasnya bisnis Anda dipercaya

Jika Anda memiliki keunggulan yang dapat dibandingkan dengan pesaing atau kompetitor, maka tunjukkan itu kepada pengunjung website atau pelanggan Anda.

Yakinkan mereka bahwa bisnis Anda mampu melayani kebutuhan mereka dan dipercaya sebagai partner mereka.

Jika Anda menggunakan website, maka sisipkan logo dari prestasi yang sudah Anda dapatkan tersebut. Jika memungkinkan cantumkan juga foto saat Anda atau perusahaan menerima penghargaan.

5. Mudah ditemukan di search Engine

Jika Anda menggunakan media online atau digital sebagai media untuk berbisnis, maka search engine akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda.

Menemukan bisnis Anda dengan mudah dengan keyword yang mudah mereka gunakan akan membuat mereka percaya bahwa bisnis Anda memang benar melayani kebutuhan mereka. Misalnya saja.

Ini alasannya kenapa setiap bisnis online harus menggunakan SEO sebagai salah satu strategi promosi di search engine.

Untuk mendapatkan keyword yang sesuai dan banyak dicari nantinya, bukan hanya harus memahami apa dan bagaimana produk Anda. Pun juga bisa mencarinya di beberapa tools yang sudah tersedia.

Tools ini bisa menjadi gambaran, keyword apa yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh pelanggan Anda di mesin pencari. Anda bisa menggunakan tools seperti.

Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan baru, dan meningkatkan kepercayaan kepada pelanggan lama.

Misalnya saja saat kita memberikan trial produk atau layanan kepada pelanggan baru. Memberikan kesempatan mereka untuk merasakan produk kita sebelum akhirnya mereka yakin untuk membeli.

Untuk pelanggan lama pun bisa dengan memberikan kesempatan bagi mereka trial produk terbaru kita, meminta feedback dari mereka sebelum pada akhirnya kita launching produk terbaru ke pasaran.

Melibatkan calon pelanggan dan pelanggan lama ke dalam proses bisnis kita akan membuat mereka nyaman kepada bisnis kita.

Misalnya juga dengan memberikan melibatkan mereka dalam program penghargaan terhadap loyality customer.

87% dari konsumen Anda tentu menginginkan program tersebut. 76% dari mereka bahkan menganggap program seperti ini meningkatkan intensitas dan kepercayaan pelanggan kepada sebuah bisnis.

Nah, lalu bagaimana dengan bisnis Anda saat ini? Jika Anda menggunakan media online, dimana lebih dari 3 miliar orang aktif menggunakan internet setiap harinya di seluruh dunia.

Dan kini bisnis Anda akan bersaing dengan bisnis online lainnya.

Maka ini saatnya Anda memiliki bisnis yang bisa membuat banyak orang percaya dengan Anda. Berani mencobanya?

 

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *