

Mungkin sering kita dibuat bingung oleh banyaknya orang yang kini sudah menjadi pelanggan kita. Seolah mereka memiliki peran yang sama, membuat bisnis kita mendapatkan pendapatan dan keuntungan yang berlipat. Namun dari puluhan, ratusan bahkan ribuan pelanggan harus Anda ketahui, siapa pelanggan terbaik bisnis Anda.
Bahkan mungkin Anda belum sepenuhnya mengetahui, 80% penjualan Anda berasal dari 20% pelanggan Anda. Jika Anda pernah mendengar atau bahkan sudah menerapkan Prinsip Pareto, dimana 20% upaya Anda haruslah menghasilkan 80%. Ini membuat Anda lebih praktis, lebih efisien dan lebih mudah untuk mencapai tujuan Anda.
Bahkan Prinsip ini sangat cocok jika Anda terapkan untuk mengidentifikasi siapa pelanggan terbaik Anda. Setidaknya Anda harus memiliki 2 alasan untuk memahami karakteristik pelanggan terbaik Anda saat ini:
Tapi sebelum Anda mulai memahami dan membuat target pelanggan terbaik Anda, coba kita bahas secara singkat apa itu RFM.
RFM yang pada hakikatnya selalu mengacu pada data penjualan yang memudahkan kita untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan perilaku pembelian mereka. Setiap segmentasi pelanggan disusun secara rapi. Hal ini akan memudahkan ANda untuk mengidentifikasi pelanggan terbaik Anda.
RFM (Recency, Frequency, dan Monetary) memiliki gagasan yang sederhana:
Urutan yang sudah dibuat inilah yang akan menjadi acuan bagi banyak bisnis. Mereka dapat mengelompokkan dan mulai mengurangi resiko yang mungkin saja terjadi di kemudian hari, yang membuat pelanggan tidak jadi membeli kembali produk Anda.
Anda membutuhkan 3 atribut penting untuk setiap pelanggan:
Nilai Recency, Frecuency dan Monetary dibagi menjadi lima bagian dengan nilai 5, 4, 3, 2, dan 1. Nilai recency dihitung berdasarkan tanggal transaksi terakhir atau interval waktu transaksi terakhir dengan saat ini. Pelanggan yang baru membeli produk Anda, memiliki nilai 5, sedangkan pelanggan yang sudah lama berbelanja(tanggal transaksi) memiliki nilai 1.
Begitupun dengan nilai Frequency, pelanggan yang sering berinterakhi dengan Anda memiliki nilai frequency yang tinggi yaitu 5. Sedangkan pelanggan yang jarang bertransaksi memiliki nilai 1. Dan pelanggan yang memiliki simpanan berupa deposito memiliki nilai monetary tinggi yaitu 5. Sebaliknya, pelanggan yang memiliki simpanan atau deposito rendah atau tidak sama sekali, memiliki nilai monetary 1.
Saat Anda sudah menghitung skor RFM, mudah untuk Anda mengidentifikasi pelanggan terbaik Anda saat ini. Mereka yang memiliki tinggi adalah pelanggan terbaik Anda. Sekarang, Anda pun bisa mencoba menganalisa karakteristik dan perilaku pembelian dari pelanggan Anda.
Apakah mereka cenderung memberi produk atau layanan Anda? Apakah mereka tinggal di lingkungan dnegan demografis yang baik? Apakah gaya hidup atau ketahanan hidup mereka sama?
Anda bisa menjawab pertanyaan ini untuk mendukung hasil perhitungan RFM Anda tadi. Jadi, sudah siap menghitung dan menentukan siapa pelanggan terbaik Anda?
Share: