Gunakan Empathy Map untuk Mengenali Pelanggan Anda

Siapa sih yang bermimpi memiliki bisnis yang gagal? Pasti semua orang yang menjalankan atau sedang merancang bisnisnya berharap bahwa usaha yang sedang dirintis akan menuai kesuksesan. Selain srategi yang sudah dirancang oleh perusahaan, tentunya faktor pelanggan juga memiliki kontribusi yang penting.  

Developing product doesn’t start with the product. It starts with the customer.

Apa itu Empathy Map?

empathy map

Peta empati empathy map adalah sebuah alat yang dapat membantu kita untuk menganalisa  bagaimana kita bisa mengetahui apa yang dirasakan, apa yang dipikirkan, dan apa yang dilakukan pelanggan kita. Hal ini bisa dilakukan melalui studi literatur tentang perilaku pelanggan atau melalui survey dan observasi.

Bagaimana Cara Menggunakan Customer Empathy Map ?

Ambil kertas dan buatlah gambar seperti di atas dan isi pertanyaan sebagai berikut :

Misalnya, Anda sebagai pemilik online store kosmetik impor, Anda seorang perempuan berusia 20-30 tahun dan memilih target pasar Anda adalah wanita berusia 20-30 tahun dengan status ekonomi kalangan menengah ke atas. Maka, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menganalisa target pasar dengan beberapa tools yang ada dalam empathy map seperti beberapa poin dibawah ini:


 

Apakah “Pain” atau kesulitan yang dihadapi oleh target market Anda ?

pain

Apakah “Gain” atau cita-cita mereka ?

dream

Apa saja yang mereka lihat ?

see

Apa yang mereka pikir dan rasakan ?

think

Apa yang mereka dengar dari lingkungan sekitar?

listen

Apa yang mereka katakan dan lakukan ?

talk


Pertanyaan yang ada dalam empathy map memang sekilas terlihat sederhana, namun ketika Anda mencoba memahami kebutuhan pelanggan secara cermat dan detail maka bisnis yang Anda jalankan akan berjalan sesuai dengan target pasar yang digunakan. Banyak diantara pengusaha yang terpaksa gulung tikar ditengah jalan karena barang atau jasa yang ditawarkan tidak lagi dibutuhkan oleh pasar, sehingga sangat penting bagi Anda yang menjalankan bisnis untuk selalu update terhadap kebutuhan pelanggan. Mari gunakan empathy map sebagai alat bantu pemetaan bisnis pelanggan!

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *