Cara untuk Mengembangkan Startup di Indonesia

 

Di Indonesia saat ini berada dizaman membuat usaha sendiri, tetapi tidak hanya membuat saja. banyak orangorang terutama kaula muda menganggap bahwa membuat usaha itu adalah pilihan yang keren. Tentu saja untuk menjadi owner atau direktur untuk usaha kita sendiri harus memiliki ilmu dan pengalaman, tapi bukan berarti harus jago ataupun hebat dalam ilmu enterpreneur. Maka dari itu diIndonesia sendiri sudah mulai ramai melakukan gerakan untuk membuat startup digital maupun non-digital.

Startup sudah menjamur di Indonesia, tetapi dengan banyaknya startup (baca:usaha baru) di Indonesia bukan berarti per ekonomian Indonesia mulai naik. Banyak startup yang masih butuh belajar bagaimana mengembangkan startup itu sendiri untuk menjadi perusahaan yang besar (baca:coporation). Dengan banyaknya startup di Indonesia, kita harus mulai bergerak ketahap yang lebih lanjut. Untuk mengembangkan Startup dibuthkan beberapa tips&trik untuk mengembangkan startup, antara lain

KENALI PASARMU

Setelah kita menentukan masalah dan solusi yang ingin kamu buat untuk tujuan startupmu, kita diharapkan mengenal Pasar atau target pengguna yang telah kamu solusikan. Tidak hanya kenal tetapi memahami apa yang sebenarnya yang dibutuhkan oleh target yang ingin kalian bantu/solusikan. Dengan mengenali pasarmu mulailah dengan risetriset sederhana untuk menvalidasi apa yang seharusnya startup kita lakukan. Mulailah dari yang kecil untuk melakukan hal yang besar.

KEJAR TARGET

Dimulainya startup itu dimulai mengembangkan dasar dari startup itu sendiri. setelah dasar fondasi startup terbentuk, mulailah untuk membuat target untuk mengembangkan startupmu lebih besar dan luas. Seperti targer user, target karyawan, target rating startupmu di mata masyarakat. Startup saja tidaklah berarti jika hanya ingin showcase solusi kamu tapi solusi itu tidak berkembang karena hanya tidak ada target yang jelas didalam internal startupmu sendiri.

ATUR PERPUTARAN YANG ADA DI STARTUP ANDA

Perputaran adalah salah satu cara untuk menstabilkan kehidupan. seperti hukum alam, hewan yang buat memakan hewan yang lemah. seperti itulah agar populasi hewan bisa stabil di bumi ini. perputaran ini yang dimaksut adalah. Bagaimana startup kamu dapat mengatur keuangan dan sdm yang ada didalam startup kamu. Dengan mengatur perputaran itu dapat membuat startupmu berkembang. Belajarlah dan berkembang, usahamu tidak akan sia-sia.

 

Dengan itu Mulailah berlajar dan mencari orang baru untuk mencari apa yang seharusnya kamu lakukan untuk mengembangkan startupmu. 1000 Startup Digital adalah salah satu tempat buat kamu (muda maupun dewasa) untuk belajar dan menvalidasi ide dan solusi yang kamu ingij berikan buat Indonesia. untuk lebih lanjut hubungi,

Lidya Carolina
M: 082335350406
E: malang@1000startupdigital.id
W: 1000startupdigital.id

Tentang Gerakan Nasional 1000 Startup Digital:
Sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mendirikan 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Gerakan ini berlangsung di 10 kota Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Pontianak, Makassar, Medan dan Denpasar.

 

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *