Cara Menggunakan Google AMP Pada WordPress

Anda mungkin sudah pernah mengetahui Accelerated Mobile Pages. Ketika anda mencari website dari Google di perangkat smartphone, kemudian pada hasil pencarian di website-website tertentu ada yang di beri label “AMP” oleh Google, dan ketika anda klik website-website tersebut dapat dimuat dengan sangat cepat. Itulah yang disebut dengan Accelerated Mobile Pages atau AMP.

Apa itu AMP? AMP adalah kepanjangan dari Accelerated Mobile Pages. Dengan AMP, website anda akan dimuat jauh lebih cepat di perangkat mobile. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh Google, website yang menggunakan AMP dapat dimuat 15% sampai 80% lebih cepat jika tanpa menggunakan AMP.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa beberapa tahun terakhir ini perkembangan teknologi smartphone dan tablet meningkat dengan sangat pesat. Pesatnya perkembangan tersebut juga diikuti dengan semakin banyaknya orang yang lebih sering membuka website dari perangkat smartphone dan tablet mereka.

Namun karena spesifikasi yang terbatas dan masih banyak website yang “berat” untuk dimuat diperangkat mobile, membuat masih banyak pengguna smartphone yang tidak nyaman ketika membuka website di smartphone. Hal inilah yang kemudian menginspirasi Google.

AMP menggunakan HTML dasar dan sedikit sekali JavaScript. Dengan begitu konten dari sebuah website dapat disimpan di Google AMP Cache. Kemudian Google akan dapat menampilkan website yang menggunakan AMP dengan sangat cepat.

Website yang sudah menerapkan AMP biasanya akan lebih mudah muncul dihalaman atas hasil pencarian Google. Itu karena tidak lain dan tidak bukan adalah loading dari website tersebut yang sangat cepat setelah menggunakan AMP. Website yang telah menggunakan AMP biasanya ditandai dengan logo kecil semacam “petir” bertuliskan AMP disampingnya.

1

 

Beberapa kelebihan jika website anda menggunakan Accelerated Mobile Pages adalah:

  1. Lebih mudah tampil di posisi teratas hasil pencarian Google (SEO meningkat).
  2. Meningkatkan kecepatan website sampai 80%.
  3. Membuat pengunjung nyaman karena tampilan yang bersih dan loading yang cepat.

Lalu pertanyaannya adalah, bisakah WordPress menggunakan Accelerated Mobile Pages? Tentu saja bisa. Automattic, selaku pengembang utama WordPress membuat sebuah plugin untuk ini yang bisa kamu download langsung disini. Setelah plugin tersebut di download dan gunakan, klik “Appearance >> AMP” untuk melihat bagaimana tampilan website andadi perangkat mobile ketika menggunakan AMP.

2

Anda bisa mengganti warna latar belakang header website beserta warna teks-nya. Warna latar belakang header yang kamu gunakan juga akan di terapkan untuk warna link di seluruh website anda. Plugin AMP ini akan menggunakan ikon website yang sebelumnya kamu gunakan pada tema versi desktop.

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang website berbasis WordPress anda akan memiliki loading yang sangat cepat, lebih SEO Friendly, dan disukai para pengunjung karena tampilannya yang bersih serta loading yang cepat.

Wordpress Hosting Indonesia

Written by

Memberi manfaat lebih dan terbaik dari yang anda bayangkan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *