Mau Melek Finansial? Baca Buku – Buku Ini Sebelum Umur 30!

buku finance pemula
Memiliki kebebasan finansial sebelum berusia 30 tahun, bukan lagi mimpi apabila kita mampu melek finansial terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara kita untuk dapat melek finansial di usia muda? terutama bagi para generasi millennials. Untuk mempelajarinya, berikut merupakan 11 buku yang harus anda baca!
buku finance pemula

1. The Millionaire Next Door by Thomas J. Stanley

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
Buku karangan Stanley dan Danko ini, diterbitkan pertama kali di tahun 1996. Buku ini memakan waktu riset lebih dari 20 tahun untuk meneliti 7 karakteristik utama bagaimana klub elit jutawan Amerika menjadi kaya.

2. The Investment Answer by Daniel Goldie & Gordon Murray

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
Goldie dan Murray akan memberi kita panduan umum berinvestasi didalam buku ini. Yaitu, dengan memusatkan perhatian pada 5 keputusan yang harus dibuat setiap investor, tentang bagaimana mengalokasikan antara saham, obligasi, dan uang tunai; dan kapan harus menjual atau membeli aset.

“Investing is an important part of personal finance for everybody, but most people hate reading about investing,” David Welliver, editor MoneyUnder30.com.

Seperti kutipan diatas, investasi menjadi salah satu bagian penting dalam pengelolaan keuangan probadi. Namun, tak banyak orang yang tertarik membacanya. Buku investasi satu ini merupakan buku investasi yang memiliki pendekatan mudah. Ada banyak buku investasi bagus di pasaran, namun bagi yang tak ingin mempelajari investasi dengan rumit, buku ini cocok untuk dibaca.

3. I Will Teach You to be Rich by Ramit Sethi

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
Dengan gaya bahasa yang santai dan blak – blakan, Sethi menjelaskan program perencanaan keuangan pribadi 6 minggu untuk anak muda berusia 20 – 35 tahun yang ingin menguasai uang mereka dengan sedikit usaha, kemudian melanjutkan hidup. Bahkan, J. Money dari RockstarFinance.com mengatakan buku ‘I Will Teach You To Be Rich‘ adalah buku terbaik untuk generasi muda.

4. Thinking, Fast, and Slow by Daniel Kahneman

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
Seorang pemenang Nobel Behavioral Economist menjelaskan bahwa, didalam pikiran kita terdapat 2 sistem yang mendorong cara berpikir yaitu, cepat dan emosional serta lamban dan logis. Temukan bagaimana kita dapat membuat pilihan baik dalam bisnis dan kehidupan pribadi kita.

Mengapa buku ini penting untuk dipelajari?. Menurut Meg Marco, Executive Editor Consumerist, keuangan pribadi sejatinya merupakan serangkaian keputusan. Untuk itu, membaca buku ini akan membantu kita untuk membuat serangkaian keputusan penting dalam perencanaan keuangan pribadi.

5. The Automatic Millionaire: A Powerful One-step Plan To Live And Finish Rich By David Bach

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
David Bach akan memberikan kita panduan praktis terkait keamanan finansial yang didasari dengan motto : “Pay Yourself First”. Sebelum memikirkan soal pajak, investasi, dll, lebih baik memfokuskan diri untuk membayar dirikita sendiri karena sudah bekerja setiap hari. Penulis juga menekankan pentingnya menggunakan fasilitas potongan gaji otomatis untuk menghindari godaan menggunakan tabungan untuk pengeluaran tak bernilai sehari – hari.

[Baca juga : Anda Seorang Pebisnis? Simak, 7 Buku yang Wajib Anda Baca Ini!]

6. You’re So Money: Live Rich, Even When You’re Not by Farnoosh Torabi

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
Buku satu ini sangat cocok bagi karyawan dengan gaji entry – level namun tetap ingin dapat bersenang – senang menikmati latte dan hangout bersama teman – teman. Sang penulis akan mengajarkan bagaimana berbelanja secara loyal tanpa menguras uang di bank dan dimana tempat yang tepat untuk menabung dalam menyeimbangkan pengeluaran tersebut. Penulis akan mencoba memberi solusi terhadap masalah yang sering dihadapi para fresh graduate di tahun – tahun awal mendapat gaji dan mengatur keuangan sendiri.

7. Debt-free By 30: Practical Advice For The Young, Broke, And Upwardly Mobile by Jason Anthony And Karl Cluck

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
Ditulis langsung oleh dua orang yang terlilit hutang di usia 20-an, dan berusaha untuk terbebas dari hutang – hutang tersebut sebelum ulang tahun mereka yang ke – 30. Buku ini membahas dasar – dasar prioritas hutang, menemuka uang ekstra untuk membayar lebih cepat dan menangani situasi agar tidak tergoda untuk berhutang kembali.

8. The Money Book For The Young, Fabulous & Broke by Suze Orman

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
Melalui buku ini, Suze Orman membantu para millennials untuk memahami dasar – dasar dunia keuangan. Seperti, hutang kartu kredit, pengetahuan dasar asuransi, dll. Buku ini cocok bagi para millennials yang harus berurusan dengan masalah uang dan anggaran untuk pertama kalinya.

9. The Behavior Gap: Simple Ways To Stop Doing Dumb Things With Money by Carl Richards

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
Carl Richards merupakan seorang financial planner yang sudah tersertifikasi, akan membahas mengenai beberapa kesalahan konyol yang sering dilakukan orang berkali – kali. Seperti, mengeluarkan uang yang tidak mereka miliki, membeli dengan harga tinggi karena orang lain, membeli barang – barang yang tidak berarti, juga menjelaskan bagaimana naluri alami menuntun kita. Tak hanya itu, buku ini juga menawarkan saran dan trik mudah tentang bagaimana mengubah perilaku finansial buruk kita.

10. The Psychology Of Investing by John Nofsinger

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
Seorang profesor keuangan di Washington State University, Nofsinger menyelidiki bagaimana psikologi mempengaruhi investor, memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana membuat keputusan investasi cerdas bagi mereka yang ingin mencobanya.

11. Generation Debt: Take Control Of Your Money by Carmen Wong Ulrich

Buku Finance Pemula - beon.co.id
buku finance pemula
Penulis buku ini merupakan mantan pembawa acara keuangan “On the Money”. Ia menawarkan panduan step by step bagaimana mengatur pengeluaran bulanan, menghindari suku bunga kartu kredit yang tinggi dan cara terbaik untuk melunasi pinjaman.
buku finance pemula
Nah, itu dia 11 buku yang wajib anda baca untuk bisa melek finansial. Sekarang, kebebasan finansial sebelum berumur 30 bukan lagi mimpi. Tunggu apalagi!

Cloud VPS Indonesia - beon.co.id
buku finance pemula

Share:

Written by

Love to write about technology & digital things. Enjoy my thoughts through my words. Cheers!

One thought on “Mau Melek Finansial? Baca Buku – Buku Ini Sebelum Umur 30!

  1. Pingback: Waspadai, 7 Kebiasaan yang Menghambat Kebebasan Finansial Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *