Bagaimana Cara Untuk Lebih Produktif dan Tidak Sibuk?

Pada Mulanya menjadi produktif atau sibuk tidak dapat dibedakan, dimana pada awalnya anda akan selalu merasa produktif jika anda sibuk. Kedua kegiatan tersebut sama-sama mengeluarkan keringat sama sama memerlukan tenaga dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Apalagi ketika kita mempunyai banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Menjadi sibuk bukan berarti anda menjadi seseorang yang produktif!

Dalam postingan kali ini, akan di bahas bagaimana cara untuk lebih produktif bahkan menjadi tidak sibuk? serta bagaimana anda mengatur waktu kerja anda untuk menjadi lebih effisien.

Kegiatan membuang waktu paling buruk dalam bekerja!

sebelum membahas bagaimana cara untuk lebih produktif mari kenali terlebih dahulu beberapa kegiatan yang dapat membuat anda membuang waktu secara percuma.

1. Constant Messaging

Dalam data Sanebox, Karyawan sering menggunakan 13 Jam dalam seminggu untuk melakukan aktifitas membaca dan membalas email secara terus menerus, Jika di translasikan dalam data maka sebanyak 23% waktu untuk bekerja dalam setahun di gunakan sia sia, padahal data eamil penting hanya 38% saja.

Hal ini tentu saja membuang waktu anda hanya untuk membaca email dan membalas email lebih dari 1 jam, selain itu  hal ini dapat meningkatkan stress anda.

Solusi dari hal ini adalah mengganti kegiatan email ini dengan menggunakan fasilitas chatting internal seperti slack, untuk memangkas kegiatan email dan lebih cepat dalam menyampaikan informasi.

2. Multitasking

Menjadi multitasking atau dapat mengerjakan segala sesuatu dalam waktu bersamaan adalah sebuah kesempurnaan, namun menjadi multi tasking membuat anda menjadi gampang tidak fokus sehingga anda akan sering mangalami stress karena banyaknya pekerjaan yang harus dan terus anda lakukan.

3. Meeting

Meeting merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bertukar ide, memecahkan masalah, atau merencanakan sebuah project. namun sadarkah anda kegiatan ini sering kali memakan waktu yang lebih lama dan semakin tidak effektif dikarenakan pembahasan yang keluar dari topik? Saya yakin waktu yang anda gunakan sebelum meeting di mulai atau setelah meeting itu sendiri diadakan pasti membuang 10-15 menit waktu anda?

Lalu Bagaimana Supaya Lebih Produktif?

Saya tidak akan menyarankan anda untuk bekerja seperti robot dimana anda akan terus didepan komputer sampai anda pulang kerumah. inilah beberapa tips supaya anda lebih produktif dan mamangkas waktu kerja anda menjadi lebih effisien dan mungkin bisa mengurangi stress anda.

Lifehack 1 Buat Waktu Anda menjadi terorganisir.

Terdengar sangat klise memang, Pada dasarnya salah satu kunci sukses yang sering anda dengar adalah menjadi lebih terorganisir terutama pada waktu! Karena Waktu tidak dapat kembali. 

Hal ini untuk membantu anda menyusun mana yang lebih penting dan harus segera dikerjakan daripada waktu anda terbuang sia-sia mengerjakan sesuatu yang tidak begitu penting. Jika anda saat ini berkata dalam hati “Semua yang saya lakukan itu penting!” pertanyaan saya YAKINKAH Anda? Coba tuliskan semua pekerjaan yang anda rasa penting untuk dilakukan cobalah kembali dari tulisan anda tersebut mana yang benar-benar mendesak untuk diselesaikan dan mana yang masih membutuhkan waktu? Masih kesulitan? itu artinya anda perlu lebih dalam belajar tentang Eisenhower box atau teknik Pomodoro.

Lifehack 2 Buat Cara komunikasi anda lebih terorganisir.

Komunikasi bisa dikatakan sebuah anugrah dan sebuah kutukan! Komunikasi bukan hanya berupa panggilan atau sms, Email, chatting, berdiskusi merupakan bentuk komunikasi dan percayalah itu akan sangat menguras waktu anda.

Beberapa tips komunikasi dibawah ini dapat membantu anda untuk lebih produktif dalam mengorganisir komunikasi anda.

  • Lakukan pengecekan email hanya dua kali dalam sehari, yakni saat anda tiba di kantor selama 30 menit dan 30 menit sebelum anda pulang kantor.
  • Matikan segala notifikasi media sosial anda di handphone saat anda bekerja, hal ini tentu tidak berlaku bagi pelaku bisnis yang secara langsung bersentuhan dengan sosial media.
  • Jika ada sesuatu yang sangat penting dimana anda bisa langsung menjangkau rekan anda, Datangi secara langsung!

Lifehack 3 Fokus hanya dalam pekerjaan anda.

Jangan sampai banyaknya pekerjaan yang anda lakukan membuat anda menjadi tidak fokus, Jelas! anda perlu untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut, namun anda harus tetap mengkontrol setiap pekerjaan yang anda lakukan.

Beberapa tips dibawah ini dapat anda lakukan untuk membuat mampu menyelesaikan pekerjaan dengan fokus.

  • Buatlah persetujuan dengan tim anda dalam melakukan meeting harian yang tidak lebih dari 15 menit untuk menginformasikan pekerjaan apa yang akan dilakukan hari ini.
  • Gunakan aplikasi yang dapat membantu anda untuk fokus dalam mengerjakan tugas anda contoh anda bisa menggunakan Appikasi seperti Focus Booster.
  • Hal lain yang bisa anda lakukan adalah tidak terlalu sering melihat social media anda, Ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk memblok semua situs social media disaat anda bekerja,

Menjadi Sibuk Bukanlah suatu Kehormatan

Salah satu kunci dalam menjadi produktif adalah menemukan waktu yang tepat kapan saatnya anda bekerja, kapan saatnya anda melakukan hobby anda, kapan saatnya anda mempunyai waktu bersama keluarga. Seseorang yang produktif tahu bahwsannya otak menyukai perbedaan, serta tahu bagaimana membangun kekuatan yang effektif dalam meningkatkan brain power. 

Berita terbaiknya adalah ketika anda menjadi produktif anda memiliki waktu lebih banyak untuk melatih otak anda. Jadi akan menjadikan anda lebih fokus dan produktif, karena secara tidak kita sadari bahwa kerja otak ini sama dengan otot yang sangat senang untuk dilatih. Ketika otak anda sudah terbiasa untuk fokus dan produktif maka anda tidak akan muda terganggu.

Saya harap dalam artikel ini saya dapat memebantu anda untuk lebih menjadi produktif, INGAT!! Menjadi produktif itu artinya working smarter, no longer!

Share:

Written by

Memberi manfaat lebih dan terbaik dari yang anda bayangkan :)

One thought on “Bagaimana Cara Untuk Lebih Produktif dan Tidak Sibuk?

  1. Pingback: 3 Metode Dalam Menejemen Waktu - Blog Beon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *