Arti Penting Customer Service! dan 5 Siklus Keajaibannya!

Berbicara tentang sejarah dari customer service ini sama halnya dengan sejarah uang. Hal ini dimulai ketika dimana orang mulai menggunakan uang sebagai alat pembayaran untuk mendapatkan barang atau jasa, dan di dukung dengan adanya persaingan antar penjual untuk menjadi yang terbaik, maka lahirlah istilah customer service.

Dalam sejarah yang tercatat dalam kehidupan Romawi kuno dimana inti dari menariknya sebuah pelayanan pada konsumen ini terjadi pada saat sebelum dilakukan transaksi jual beli.

Namun mereka sangat memahami pentingnya pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan setelah terjadinya transaksi jual beli.

Apa sebenarnya Customer service itu?

Mari menyimak sebuah cerita pengalaman seorang Shep Hyken, Seorang penulis buku The Amazement Revolution ketika kecil dimana dia menjalankan bisnis pertamanya sebagai pesulap di acara ulang tahun dan begitu bahagia dapat menghasilkan uang sendiri.

Yang menakjubkan dari pengalaman Hyken adalah bagaimana orang tua Hyken mengajarkannya nilai mengenai Customer service. Petama untuk datang ke acara sebelum pertunjukan dimulai, hal ini untuk membuat penonton tidak khawatir tentang kehadirannya.

Orang tuanya juga mengajarkan Hyken untuk selalu mengucapkan terima kasih, setiap kali ia selesai melakukan trik sulap. Hal ini untuk menunjukan kepada penonton bahwa Hyken perlu mengapresiasi keterlibatan penonton yang melihat acara sulapnya.

Hal lainya adalah menyuruh Hyken untuk menghubungi kembali pelanggan sulapnya untuk meminta feedback masukan atas pertunjukan yang dilakukannya.

dapat ditarik sebuah kesimpulan seperti berikut: Tidak peduli seberapa besar atau kecil usaha yang dijalankan dalam bisnis, pelayanan terhadap konsumen harus selalu dilakukan, sebelum, pada saat dan setelah terjadinya transaksi.

Dengan menerapkan hal tersebut makan akan secara alamiah melahirkan 5 siklus keajaiban dalam perilaku pelanggan atau konsumen kita.

5 Siklus Keajaiban!

Masih banyak pengusaha yang masih meragukan kekuatan dari pengalaman yang dirasakan secara langsung oleh pelanggan dalam menggunakan layanan kita atau bertraksaksi dengan usaha kita.

Berikut 5 siklus yang secara alami akan lahir ketika menjalankan pelayanan konsumen secara benar.

1. Awareness : Pelanggan akan selalu ingat Brand anda atau bahkan anda ketika mereka membutuhkan sesuatu.

Pengalam Konsumen dimulai dari moment pertama ini dimana ketika mereka mengunjungi website anda mencari sebuah solusi dari permasalahan mereka. Mereka akan mempelajari produk dan layanan anda.

Tunjukan bahwa anda melayani mereka dengan serius!

Pastikan dalam website anda sangat mudah di gunakan oleh pelanggan, informasi yang disampaikan jelas dan dapat dimengerti olah pelanggan anda.

Mengapa?

Karena mereka butuh untuk memahami apa yang anda sediakan dan mempertimbangkan apakah cocok dengan permasalahan mereka.

Anda dapat menulis tentang bagaimana memecahkan masalah pelanggan dan memberikan beberapa langkah yang dapat ditindaklanjuti sehingga pelanggan Anda tahu bahwa Anda memahami poin kendala mereka dan mereka dapat merasa terikat secara emosional dengan Anda.

2. Consideration : Pelanggan anda akan mulai mepertimbangkan anda atau bahkan kompetitor anda.

Moment ini adalah lanjutan dari awareness dimana pelanggan anda akan kembali kepada anda dengan melihat review terakhir tentang bisnis anda, pelayanan maupun produk untuk dibandingkan dengan kompetitor.

Jika pelanggan Anda memiliki pengalaman yang luar biasa ketika membeli dari Anda, mereka tidak akan sungkan atau penuh paksaan untuk bercerita ke dunia.

Kekuatan ini dapat membantu calon pelanggan baru anda untuk melihat pengalaman luar biasa baik dari pelanggan anda yang lain.

Sehingga pelanggan baru anda tidak terlalu lama melakukan pertimbangan mengenai produk atau service anda ke kompetitor anda.

3. Preference : Pelanggan mulai memiliki ikatan emotial terhadap suatu produk atau layanan anda.

Moment ketiga ini adalah ketika pelanggan anda sudah menentukan pilihannya pada produk anda, mereka akan secara sadar mengetahui fungsional dari produk atau jasa anda dan hal menjadikan mereka melihat keunikan yang anda miliki dibandingkan dari kompetitor anda.

Pada hal ini anda wajib untuk menginformasikan yang menjadi keunikan anda dibandingkan dengan kompetitor anda. Anda juga dapat mengarahkan pelanggan anda ke contoh sebuah layanan dengan gratis ongkos kirim?

4. Purchase : Pelanggan memutuskan untuk membeli di anda.

Ketika penlanggan memutuskan untuk membeli produk atau layanan anda, pastikan jika proses pembelian ini sangat mudah dan tidak ribet.

Mereka akan berfikir bahwa anda hanya berfokus pada satu pelanggan dan pastikan anda sangat menghargai waktu pelanggan anda.

5. Repurchase : Pelanggan Kembali Kepada anda

Pelajaran yang paling penting untuk diingat adalah, begitu pelanggan Anda melakukan pembelian. Anda tidak dapat menganggap bahwa pekerjaan telah selesai. Anda harus tetap mempertahankan pelanggan Anda!

Anda bisa mengirim mereka email dengan catatan “terima kasih”. Anda dapat mengirim kode promo untuk pembelian berikutnya.

Anda dapat mengirimkan survei yang menanyakan tentang keseluruhan pengalaman mereka. Dengan kata lain, tetap berhubungan dengan mereka melalui email, media sosial maupun secara personal!

Arti Penting Customer Service!

Customer service bukan hanya tentang “sekarang.” Ini bukan mengenai tentang menjawab panggilan, membalas obrolan (chat), membuka tiket dan memecahkan masalah pelanggan.

Layanan pelanggan dimulai dari saat calon pelanggan Anda memasuki situs Anda.

Jangan lupa bahwa ini juga tentang “Self-Service”. Yang mana Pelanggan Anda harus bisa menemukan jawaban untuk sebagian besar pertanyaan mereka, tanpa perlu menelepon anda atau mengirim email kepada Anda.

Jelaskan produk dan fitur Anda, buat bagian FAQ atau knowledgebase sehingga pelanggan Anda dapat melakukan beresplore bebas dalam website anda.

Dan, yang terkahir namun bukan yang paling akhir, ingatlah untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda. Mintalah mereka untuk mengisi survei Anda dan mempelajari apa yang mereka sukai atau tidak, kirimkan hal-hal menarik di media sosial, jadwalkan newsletter.

Anda tidak bisa melupakan pelanggan Anda dan membiarkan mereka melupakan Anda!

Share:

Written by

Memberi manfaat lebih dan terbaik dari yang anda bayangkan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *