Anak Muda dan Startup di Indonesia

Anak muda di Indonesia sekitar 64 jt atau 28% dari total jumlah penduduk Indonesia. Angka tersebut tidaklah kecil untuk sebuah negara untuk membentuk technopreneur/startup baru yang bisa membawa Indonesia yang lebih baik.

Dengan banyaknya anak muda di Indonesia kita akan bersaing untuk memberikan solusi dari masalah daerah kita sendiri. Banyak sekali pihak luarnegeri yang mulai masuk ke Indonesia karena masalahnya.

Masalah di Indonesia ada banyak sekali, jika kamu menyadarinya. Banyaknya masalah itulah yang membuat pihak luarnegeri  mulai ingin membantu mensolusikan masalah tersebut. Mulai dari Transportasi, Keuangan, Makanan yang sering kita lihat di lingkungan sekitar kita.

Makanya tidak perlu kita melihat masalah yang besar, dengan kita memberikan jasa sederhana seperti reseller yang menyalurkan barang kepada yang membutuhkan. Hal semacam itu sederhana tapi banyak anak muda yang malas untuk memulai, takut, dan bingung mulai dari mana.

Ada banyak cara untuk kalian para Anak Muda di Indonesia untuk memulai startup. Mulailah dengan hal yang baik dan hasilnya akan baik. berikut akan kami berikan tips untuk kalian para anak muda menghadapi zaman Startup di Indonesia.

MASALAH

Cobalah mengkaji apa yang ingin kamu angkat. Di dalam kehidupan kita akan menghadapi beratus bahkan beribu masalah yang akan membatasi dan menghambat manusia. itulah salah satu manfaat manusia, bisa menolong untuk menghilangkan masalah itu menjadi solusi.

Namun masalah itu tidak lantas semua orang memeliki masalah yang sama. Jadi kita harus mencari tau apakan masalah yang ingin kamu solusikan itu menjadi masalah orang lain juga. Akan lebih baik jika masalah itu memecahkan sebuah komunitas manusia contohnya negara, komunitas, atau perkumpulan orang.

SURVIVE

Membuat berarti berani untuk melanjutkannya. Kadang kita memandang untuk membuat startup itu adalah sesuatu yang keren. Punya nama CEO untuk dia yang memimpin. Tetapi ingat kadang gelar itu akan sampai dibawah nama kamu(title) jika kamu sudah memiliki nama perusahan yang terdaftar secara hukum.

Jadi yang harus kamu lakukan agar startup kamu terus maju dan berkembang. Fikirkanlan jangka panjang dan jangka pendek. Karena dengan itulah kita bisa bertahan dengan startup yang lain.

THINK COMPLICATED to SIMPLE

Ini yang banyak orang salah kaprah dengan kata “simple”. Banyak sekali para Founder yang mereka berfikir simple tanpa tau bagaimana oprasionalnya, how to, and then what. Terlalu terfikirkan hal yang simple tanpa tau dibalik simple itu ada sesuatu yang kompleks untuk mengcover kata simple itu.

Seperti halnya produk Apple, mereka terlihat simple. Tetapi cobahlah lihat lebih dalam, kalian akan tau. Jadi mulailah berfikir kompleks untuk berfikir simple.

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *