

Jadi, apakah yang dimaksud dengan landing page itu?
Landing page merupakan sebuah halaman website yang dibuat untuk mengarahkan pengunjung kepada suatu tindakan/aksi tertentu. Biasanya landing page mendorong pengunjung untuk melakukan pendaftaran milis dengan bonus yang akan didapatkan setelahnya. Seperti voucher diskon belanja misalnya.
Landing page bekerja dengan cara mengeliminasi bagian bagian yang tidak diperlukan. Bagian yang tidak diperlukan tersebut meliputi link navigasi, sidebar, footer, dan sebagainya. Dan menempatkan fokus sepenuhnya pada tindakan dimaksudkan.
Saya sendiri biasa membuat landing page untuk keperluan pendaftaran sebuah promo, dan peluncuran layanan baru oleh BEON, seperti hosting prioritas, website toko online, dan website profile.
Berikut tips langkah-langkah dalam membuat landing page
Fokus kepada satu tujuan. Jika landing page berupa form untuk berlangganan. Fokuskan semuanya pada form tersebut. Tulis konten yang dapat mendukung mengapa orang harus melakukan pendaftaran, atau tunjukkan sesuatu yang didapat oleh pengunjung landing page jika melakukan pendaftaran/langganan.
Tentukan dengan spesifik, siapa target audien Anda dan siapa juga yang bukan. Buat daftar spesifik tentang apa yang akan Anda berikan kepada orang yang telah berlangganan. Dan menampilakannya sebagai bukti bahwa bahwa orang tersebut telah mendapatkan manfaat dari berlangganan milis Anda.
Sebuah cerita akan lebih menggugah dan mudah diingat, jika dibanding fakta dan statistik. Yang tentunya akan membuat audien Anda lebih percaya untuk melakukan pendaftaran.
Manjakan audien Anda. Alihkan fokus konten tentang Anda ataupun produk Anda, dan fokuskan kepada target audien. Gunakan bahasa yang mereka pahami dan mereka gunakan, kemudian tulis konten yang menunjukkan manfaat yang akan mereka dapatkan, dan apa untungnya bagi mereka.
Anda harus JUJUR! Hanya karena Anda ingin meningkatkan daftar orang yang berlangganan, Anda lantas menggunakan cara-cara yang tidak semestinya dilakukan. Gunakan suara dan nada Anda sendiri. Tampilkan juga hasil yang nyata, foto asli dan testimonial yang asli juga. Hanya buat janji yang Anda tahu dan dapat Anda pegang.
Ringkas dan jelas. Intinya adalah to the point, gunakan headline yang dapat langsung menampilkan poin utama. Cukup gunakan tulisan sederhana yang menjual.
Eliminasi, bagian yang tidak perlu dari landing page. Sebuah landing page tidak harus mempunyai header dan footer yang sama dengan website utama Anda. Hilangkan itu! Hilangkan apapun yang tidak berhubungan dengan form pendaftaran dalam landing page Anda.
Satu satunya hal yang tidak perlu Anda hilangkan adalah white space. Pertahankan desain layout satu kolom.
Cocok dan serasi. Jika Anda menggunakan landing page dan memasangnya dengan iklan berbayar, pastikan tulisan dari iklan tersebut cocok dengan Headline landing page Anda. Gunakan warna yang sama dan foto dari iklan untuk landing page. Buat orang lain melihat dan merasakan hubungannya.
Promosikan landing page Anda. Tidak akan berguna sebuah landing page jika tidak ada orang yang melihatnya. Anda dapat mengarahkan pengunjung dengan berbagai cara seperti menampilkannya pada newsletter, social media (pada status update dan profil Anda), pada signature email, pada website komunitas, pada bagian profil guest post, atau mungkin juga dengan menggunakan iklan berbayar.
Bonus: Komponen Utama Sebuah Langing Page
Langkah di atas tadi dapat membantu Anda untuk mendapatkan ide bagaimana membuat landing page yang efektif dan berhasil. Anda harus selalu ingat untuk tetap membuat landing page sengan sederhana, menjelaskan semua yang Anda butuhkan seringkas mungkin.
Nah, untuk lebih memudahkan Anda sebagai pemula dalam membuat landing page untuk bisnis, Jagoanweb punya jawabannya untuk Anda. Anda bisa membuat landing page Anda sendiri dengan mudah, cepat dan tentu saja membantu meningkatkan konversi penjualan Anda.
Share: