7 Langkah Sederhana Membangun Bisnis Online yang Paling Diminati

2017 merupakan tahun dimana internet bukan sekedar kebutuhan, tapi sudah menjadi suatu keharusan. Banyak kegiatan dan aktivitas yang dijalankan dengan dukungan dari internet. Seperti halnya bisnis, yang sudah tidak asing lagi dengan internet. Bukan lagi sekedar menjadi media promosi, tapi seolah sudah menjadi tempat untuk bertransaksi.

Membangun sebuah bisnis online memang sudah sangat mudah. Dengan media yang sudah sangat banyak. Dengan teknik yang tidak sulit untuk dipelajari. Hampir semua orang yang pernah berbelanja online ingin  merasakan bagaimana menjual dan sukses menjadi seorang pebisnis online. Ya, berkat internet, lebih dari 80 juta orang di Indonesia saja sudah bisa merasakan kemajuan dalam melakukan banyak aktivitas, termasuk berbisnis.

Nah, berikut ini ada beberapa langkah yang perlu dipersiapkan untuk membangun bisnis online yang menjanjikan:

  1. Tentukan produk yang akan dijual

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk Anda yang masih akan memulai adalah menentukan produk apa yang akan Anda jual. Apakah Anda akan menjual produk yang paling banyak dibutuhkan, paling banyak dicari atau Anda akan membuat sebuah gebrakan baru dan membuat trend sendiri dari produk Anda. Yang jelas, Anda harus tahu juga kemana dan kepada siapa Anda akan menjual produk tersebut.

Produk makanan pun harus tetap memperhatikan kepada siapa kita akan menjualnya. Ini akan mempengaruhi proses penyampaian pesan promosi dan pengemasan produk nantinya.

  1. Memilih platform yang akan digunakan

Tidak kalah penting lagi, platform yang akan digunakan bisa segera ditentukan di awal. Karena Anda akan menggunakan media online, tentu platform yang akan Anda gunakan yaitu seputar dunia online. Sosial media, marketplace, blog sampai dengan website toko online. Semua yang ada di media online menjadi mungkin untuk Anda gunakan. Karena akan memudahkan Anda menjangkau pasar yang sudah Anda targetkan.

  1. Menentukan system yang akan membantu menjalankan bisnis nantinya

Meski Anda menjual produk secara online dengan platform yang sudah bisa diotomatisasi. Namun bagaimanapun pelanggan Anda adalah seorang manusia. Anda tetap membutuhkan sebuah system untuk bahkan melayani pelanggan Anda. Menanggapi komentar, menerima pesanan dan juga meningkatkan engagement dengan mereka. Sistem yang Anda buat bisa melibatkan orang atau pegawai Anda. Sehingga Anda akan tetap bebas bereksplorasi mengembangkan bisnis online Anda ini.

  1. Melakukan riset terhadap pesaing atau competitor

Perkembangan internet membuat siapapun ingin menjalankan bisnis online. Ini membuat jumlah competitor kita semakin bertambah. Tentu saja, karena siapapun ingin mengambil peluang ini. Untuk mensiasatinya, Anda bisa mulai melakukan riset terhadap competitor Anda. Mulai dari media yang mereka gunakan, cara atau teknik promosi mereka dan sampai pada apa yang dapat membuat pelanggan mereka tetap berbelanja di toko mereka.

  1. Menentukan konsep untuk setiap konten

Berjualan di dunia online tentu berbeda dengan dunia offline. Anda akan membutuhkan banyak konten untuk diposting di dalam media promosi online Anda. Tentu saja di media yang berbeda, konten Anda pun harus diperlakukan berbeda. Ini membuat Anda harus peka terhadap perbedaan dan perubahan yang ada.

  1. Maksimalkan promosi media online

Karena kita mempromosikan produk di dunia online, banyak perubahan yang akan terjadi. Ini membuat kita harus siap dengan perubahan tersebut. Memaksimalkan setiap promosi media online yang kita gunakan tentu sudah menjadi suatu keharusan. Mulai dari melakukan update konten secara konsisten, melakukan analisa terhadap hasil promosi sampai dengan membangun engagement dengan orang yang berinteraksi di dalamnya.

  1. Gunakan media yang mendukung untuk berkembang

Tidak akan bisnis online berkembang jika tidak didukung oleh media atau provider yang baik. Jika Anda menggunakan website, tentu saja kebutuhan Anda yang paling besar adalah adanya hosting yang dapat mendukung perkembangan website Anda. Server yang memudahkan pengunjung website untuk mengakses dan melakukan transaksi di dalamnya. Server hosting untuk website Anda tentunya yang memiliki kapasitas besar seperti web hosting terbaik Indonesia yang disediakan oleh Beon.co.id. Bahkan jika Anda membutuhkan website yang siap jadi pun, Anda dapat memanfaatkan layanan seperti Jagoanstore.com yang menyediakan website siap pakai untuk Anda.

Nah, dari ketujuh cara tersebut. Mungkin Anda sudah melakukan beberapa hal. Namun jangan sampai melewatkan hal penting lainnya. Membangun bisnis online memang mudah, tapi tidak akan bertahan jika cara yang diguankan asal-asalan. J

 

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *