7 Cara Mengapresiasi Karyawan Anda

Tahukah anda! Tidak peduli seberapa besar Perusahaan tempat anda bekerja, selalu akan ada pegawai yang menginginkan resign dari pekerjaanya. Pernahkan anda bertanya pada diri anda sendiri kapan terakhir kali anda merasa Terakhir kali anda di beri apresiasi oleh perusahaan anda? atau kapan anda sebagai atasan memberikan apresiasi untuk tim anda?

Dari puluhan alasan mengundurkan diri salah satu menurut survei Dinas Ketenaga Kerjaan Indonesia adalah KURANGNYA APRESIASI yang di Berikan perusahaan terhadap karyawan, Karena semua orang selalu butuh adanya pujian, serta haus akan pengakuan dari orang lain.

Ketahui 6 cara mengapresiasi Karyawan anda yang dapat menjadi salah satu amunisi dalam mengembangkan Perusahaan anda.

 

HAUS AKAN APRESIASI

 

Berdasarkan kagiatan Marshall Rosenberg seorang penulis Buku ” Nonviolent Communication” memaparkan beberapa target wawancara yang telah beliau lakukan terhadap berbagai macam karakter orang. 90% mengespresikan bahwasannya adanya kebutuhan akan pengakuan atau apresiasi dalam dunia pekerjaan. Kalimat yang sering mereka utarakan adalah :

Tidak peduli seberapa keras kamu bekerja dan seberapa baik yang telah kamu lakukan untuk perusahaan tidak akan ada seorangpun yang akan mengakui apa yang telah kamu lakukan.

Namun jika kamu melakukan kesalahan sekecil apapun itu walau hanya sekali. Semua orang akan berlomba untuk mencercamu.

Dalam bukunya Marshall sering kali menyebutkan bahwasannya seberapa sering anda menerima apresiasi (pengakuan) dalam kehidupan anda? selain itu ada beberapa pertanyaan Marshall yang sangat menarik yakni mengenai Bentuk apresiasi yang seperti apa yang dapat membuat anda melompat kegirangan?

Kemungkinan masih banyak yang beranggapan bahwasanya Gaji adalah bentuk apresiasi yang telah di sesuaikan dengan apa yang telah dilakukan. Percayalah SAAT INI UANG SAJA TIDAK CUKUP UNTUK MEMBUAT KARYAWAN ANDA BAHAGIA.

 

6 Cara Mengepresiasi Karyawan Anda!

 

1. Apresiasi Karyawan Anda saat mereka melakukan sesuatu yang Baik

Sebagai Seorang Pemimpin Hentikan untuk mencari-cari kesalahan yang ada pada Karyawan anda. Berfokuslah untuk memperhatikan hal-hal baik yang telah karyawan anda lakukan. Gunakan berbagai rangkaian kalimat Positif untuk membantu membangun Kepercayaan Karyawan Anda.

2. Beri Pujian Yang Spesific

Mengatakan kalimat seperti ” Good Job” atau “Bagus” masih kurang memberikan pujian secara spesific untuk karyawan anda. Ceritakan pada karyawan anda secara detail alasan anda memberi pujian terhadap Karyawan anda contoh “Saya sangat senang dengan pelayanan anda terhadap customer tersebut, Anda sangat sabar dan telaten, seperti yang dia butuhkan.”

3. Pastikan Kalimat Apresiasi Anda Ada di Akhir Kalimat

Contoh : “Desain yang Anda buat ini sangat bagus sekali, Tapi akan lebih bagus jika menggunakan warna merah.. bla bla bla.” Pada contoh kalimat diatas ini yang akan meninggalkan kesan dalam benak karyawan anda adalah kalimat setalah kata “tapi..” hal ini akan menimbulkan keraguan dalam karyawan anda akan pekerjaan yang telah mereka lakukan. Gunakan kalimat pujian pada akhir kalimat contoh : “Menurut saya desain ini akan lebih hidup jika menggunakan Warna merah, bagaimana menurut anda? namun secara keseluruhan desain ini sangat bagus sekali”

4. Kenali Setiap Karyawan Anda

Setiap individu dalam tim anda pastinya adalah pribadi yang berbeda-beda. Kenali setiap pribadi dalam tim anda dan sampaikan apresiasi secara personal terhadap mereka. selain menambah kepercayaan diri dalam tim anda, hal ini juga membantu anda membangun hubungan baik dengan tim anda.

5. Pikirkan Setiap Orang Yang Ada Dalam Tim Anda.

Ingatlah bahwasannya semua adalah satu team, jangan hanya memberikan pujian atau pengakuan hanya untuk karyawan yang berprestasi, berikan apresiasi juga untuk karyawan yang kurang berprestasi hal ini akan membantunya untuk terus belajar bertumbuh.

6. Tunjukan Bahwa Anda Juga Sangat Peduli Pada Karyawan Anda.

Sering kali perusahaan mengklaim bahwa mereka sangat mengetahui apa yang terbaik untuk karyawannya. Cobalah untuk menanyakan pada tiap karyawan anda pertanyaan sederhana “Apa Yang membuat Karyawan anda Bahagia berada di perusahaan anda?”

Kesimpulan:

Berikan kebebasan kepada tim anda untuk berkarya di lingkungan kerja, serta berikan apresiasi secara personal kepada mereka. Hal ini dapat menumbuhkan dampak yang baik dari sisi karyawan dan perusahaan.

Dimana Karyawan akan merasa lebih percaya diri dan pekerjaan akan menjadi lebih baik. Perusahaan akan menghasilkan lingkungan yang membantu karyawan mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Satu Pemimipin dalam Tim anda menyutujui untuk melakukan perubahan ini. akan berdampak luar biasa pada perubahan perusahaan anda.

 

1598047_627027210724086_9039206798447788288_o

Share:

Written by

Memberi manfaat lebih dan terbaik dari yang anda bayangkan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *