5 Tipe Manusia Yang Membuat Startup Menjadi Lebih Maju

Layaknya sebuah perusahaan, startup tidak akan pernah bisa berdiri dan dikerjakan hanya oleh satu orang. Sebuah Startup haruslah terdiri dari beberapa orang yang memiliki keahlian dan skill yang berbeda-beda.

 
Dengan memiliki beberapa orang yang memiliki kemampuan dan skill yang berbeda, maka setiap anggota tim akan saling menguatkan dan melengkapi satu sama lain. Sehingga Startup akan menjadi kokoh dapat menghadirkan produk yang inovatif serta laku dipasaran.

 

Lalu sebenarnya, tipe orang seperti apakah yang dibutuhkan oleh sebuah startup agar dapat berkembang?

1. Seseorang dengan jiwa kepemimpinan

 

jackma

 

Sebuah organisasi atau perusahaan membutuhkan seoang pemimpin agar dapat mengarahkan tujuan dengan jelas. Begitu pula dengan sebuah Startup.

Tanpa seseorang dengan jiwa kepemimpinan yang kuat, Startup hanya akan jalan ditempat karena tidak tahu arah dan tujuan yang ingin dicapai.

Seseorang dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi sangat dibutuhkan startup untuk dapat berkembang.

2. Seseorang Dengan Kemampuan Pemrograman

 

Successful young Asian businessman using laptop and looking at camera. Portrait of happy manager holding portable computer in isolated background. Technology concept

 

Hampir sebagian besar Startup pasti menggunakan teknologi sebagai sarana mereka berbisnis. Karenanya, seseorang dengan keahlian di bidang pemrograman sangat dibutuhkan guna meningkatkan produktivitas Startup menggunakan media teknologi.

Walaupun sebuah Startup tidak bergerak dibidang teknologi, Startup tersebut tetap membutuhkan seorang programmer. Minimal untuk membuat website profil. Tidak jarang, para pendiri Startup adalah orang dengan latar belakang programmer.

 

3. Seseorang Yang Ahli Dalam Pemasaran

 

Jiwa Startup - Sifat Startup - Beon Intermedia - via blumin.co

 

Jika ingin maju, sebuah startup harus dikelola secara serius dan profesional. Apalagi dalam urusan pemasaran, tidak boleh ditangani secara main-main ataupun oleh orang yang tidak kompeten.

Seseorang yang ahli dalam pemasaran sangat dibutuhkan sebuah startup untuk dapat memperluas jangkauan pemasarannya. Mereka adalah aset yang berharga bagi sebuah Startup.

4. Seseorang Yang Ahli Dalam Mengatur Keuangan

 

apple-camera-desk-office

 

Tidak seperti perusahaan-perusahaan besar, Startup adalah perusahaan yang baru dirintis dengan modal yang bisa dibilang lebih kecil. Terutama startup yang dari awal berdiri memang hanya mengandalkan modal dari para pendirinya.

Karenanya, untuk dapat memaksimalkan modal yang ada, dibutuhkan seseorang dengan kemampuan mengatur keuangan yang baik. Dengan begitu, setiap uang yang dikeluarkan Startup akan dapat dimaksimalkan sebaik-baiknya untuk perkembangan Startup tersebut.

5. Seseorang Dengan Pengalaman Bisnis

 

Jiwa Startup - Sifat Startup - Beon Intermedia - via sage.com

 

Startup tidak akan pernah lepas dengan yang namanya bisnis. Startup adalah perusahaan yang dibangun dengan tujuan untuk menghasilkan produk yang akan digunakan oleh banya orang dan akan menghasilkan keuntungan. Startup yang baru berdiri akan sangat terbantu jika didalam tim inti ada seseorang dengan pengalaman bisnis.

Orang dengan pengalaman bisnis, sedikit banyaknya akan mengetahui bagaimana harusnya sebuah perusahaan dikelola dan bisa mengetahui minat pasar secara garis besar.

Diluar dari 5 tipe manusia diatas, sebenarnya masih banyak lagi yang dibutuhkan oleh sebuah startup. Seperti seorang desainer, pengatur jadwal, content writer, dan lain-lain. Namun untuk tim inti, sangat disarankan memiliki 5 tipe orang yang telah dijelaskan diatas.

Share:

Written by

Memberi manfaat lebih dan terbaik dari yang anda bayangkan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *